Kompas TV olahraga sapa qatar

Hanya Terpisah Sekian Milimeter dari Eliminasi, Kemenangan Jepang Disebut Mirip Skenario Anime

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 19:05 WIB
hanya-terpisah-sekian-milimeter-dari-eliminasi-kemenangan-jepang-disebut-mirip-skenario-anime
Pemain Timnas Jepang, Kaoru Mitoma, tampak menahan bola di atas garis sebelum melakukan tendangan silang ke gawang Spanyol dalam laga grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Kamis, 1 Desember 2022 atau Jumat WIB. (Sumber: AP Photo/Petr David Josek)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DOHA, KOMPAS.TV - Jepang sukses lolos secara dramatis ke fase 16 Besar Piala Dunia 2022 berkat kemenangan 2-1 atas Spanyol, Jumat (2/12/2022). Peristiwa lolosnya Samurai Biru ke fase gugur berlangsung dramatis usai Kaoru Mitoma mengirim asis dari sudut sempit.

Umpan silang Mitoma sukses disambar Ao Tanaka untuk merobek jala Unai Simon. Gol ini membawa Jepang unggul 2-1 dan skor bertahan hingga laga bubaran.

Gol Tanaka sempat menjadi kontroversi karena bola dikira telah keluar lapangan sebelum diterjang Mitoma. Namun, usai tinjauan VAR, wasit memutuskan bola belum keluar sepenuhnya dan mengesahkan gol kemenangan Samurai Biru.

Usai pertandingan, FIFA pun merilis bukti video bahwa bola belum keluar lapangan. Dari rekaman yang ada, sekian milimeter dari bola masih berada di garis lapangan, sehingga bola belum sepenuhnya keluar.

Baca Juga: Alasan FIFA Sahkan Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol yang Bikin Jerman Pulang Kampung

Kemenangan dramatis Jepang ini membuat sejumlah pihak membandingkannya dengan skenario manga sepak bola yang didaptasi menjadi anime, Blue Lock. Proses kedua gol Jepang disebut mirip dengan episode dalam anime tersebut.

Melansir HITC, gol pertama Jepang yang dicetak Ritsu Doan identik dengan gol Team Z di episode 3 Blue Lock. Dalam episode ketiga, tokoh Rensuke Kunigami mencetak gol dengan tembakan keras dengan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Proses gol Ritsu Doan pun mirip. Menariknya, Doan dan tokoh anime itu disebut memiliki rambut yang mirip. Pada menit 48 laga Jepang vs Spanyol, Doan menusuk dari sayap kanan dan mengirim tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau Unai Simon.

Sementara itu, proses gol Ao Tanaka disebut mirip dengan proses gol di episode 4 Blue Lock. Aksi Mitoma yang menerjang bola sebelum keluar garis mirip dengan aksi tokoh Gin Gagamaru yang menahan bola sebelum melewati garis dan mencetak gol dari sudut sempit.

Berkat kemenangan dramatis atas Spanyol, Samuari Biru pun berhak melaju ke 16 Besar sebagai juara Grup E. Jepang akan menghadapi runner-up Piala Dunia, Kroasia di babak 16 Besar.

Manga Blue Lock sendiri kemudian merilis ilustrasi spesial usai Jepang menang secara dramatis atas Spanyol. Blue Lock merupakan manga bertema sepak bola yang ditulis Muneyuki Kaneshiro dan digambar Yusuke Nomura sebelum diadaptasi menjadi anime.

Baca Juga: Jepang Bikin Kejutan di Piala Dunia 2022, Tak Lepas dari Visi 100 Tahun Sepak Bolanya


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x