Kompas TV nasional peristiwa

Gempa M6,4 Garut Terasa sampai Jawa Timur, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 17:45 WIB
gempa-m6-4-garut-terasa-sampai-jawa-timur-bmkg-imbau-masyarakat-waspada
Imbauan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati terkait gempa magnitudo 6,4 yang mengguncang Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/202). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa bumi dengan magnitudo 6,4 mengguncang Garut, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (3/12/2022), pukul 16.49 WIB. Gempa terjadi di 52 kilometer barat daya Garut dengan kedalaman 118 kilometer.

Sejumlah daerah juga merasakan guncangan yang terjadi dalam beberapa skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa guncangan gempa yang paling keras dengan skala 4 MMI dirasakan di Garut.

Baca Juga: Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang Garut Jawa Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Kemudian, pada skala 3 MMI dirasakan di wilayah Klapanunggal, Sumur, Ciamis dan Tasikmalaya. Lalu, skala 2 MMI dirasakan hingga Panembang, Cikesik, Purworejo, Bantul, Kulonprogo.

“Cikembang, Cugenang, Pelabuhan Ratu, Wonosobo, Trenggalek, bahkan sampai Jawa Timur itu 2 MMI,” kata Dwikorita dalam Breaking News Kompas TV, Sabtu.

Skala 4 MMI merupakan guncangan yang paling kuat dirasakan. Sebagian besar masyarakat yang berada di wilayah dengan skala 4 MMI, akan merasakan guncangan.

Dwikorita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Bagi yang berada di dalam gedung tinggi, ada baiknya untuk turun dan keluar dari gedung setelah guncangan selesai.

“Sebaiknya yang berada di tempat bangunan berlantai tinggi, sebaiknya turun lebih dulu, keluar dari gedung, untuk menunggu perkembangan. Kami terus memonitor. Itu kalau sudah keluar gedung, sudah tepat,” imbau Dwikorita.

Baca Juga: Gempa Bumi Cianjur: Basarnas Temukan Jenazah Perempuan Berkerudung Hitam

Apabila guncangan masih terjadi, Dwikorita mengimbau untuk mengamankan diri terlebih dahulu. 

“Saat berguncang, kita harus cari tempat yang aman, melindungi diri dari jatuhnya benda-benda. Setelah itu berhenti, sebaiknya kita keluar dari gedung,” tegasnya.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x