Kompas TV nasional peristiwa

Hadiri HUT PGRI, Jokowi: Ilmu yang Hebat akan Sia-Sia jika Anak Didik Tidak Sehat Jiwa dan Raga

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 15:09 WIB
hadiri-hut-pgri-jokowi-ilmu-yang-hebat-akan-sia-sia-jika-anak-didik-tidak-sehat-jiwa-dan-raga
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpendapat, penguasaan ilmu yang hebat akan sia-sia jika anak didik tidak sehat jiwa dan badannya. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berpendapat, penguasaan ilmu yang hebat akan sia-sia jika anak didik tidak sehat jiwa dan badannya.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (3/12/2022).

“Hati-hati mengenai ini, ini sudah lama kita lupakan. Penguasaan ilmu yang hebat juga akan menjadi sia-sia jika anak didik kita tidak sehat jiwanya dan tidak sehat badannya,” kata Jokowi, dikutip dari Breaking News Kompas TV.

Baca Juga: Jokowi Blak-Blakan sebut Masih Ada Penjajahan Modern ke Indonesia yakni Pemaksaan Ekspor Nikel

Upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, lanjut Jokowi, kerap melupakan aspek kesehatan jasmani dan mental pada anak didik, padahal itu merupakan hal penting. 

“Bapak ibu guru harus melihat anak didiknya yang stunting itu ada atau tidak. Pola hidup sehat harus dikenalkan sejak dini, makan sehat, dan berolahraga yang cukup harus juga dibiasakan sejak dini,” kata dia.

Ia menambahkan, sakit fisik dan sakit mental merupakan faktor yang dapat membuat prestasi akademik jadi tak berarti.

Ilmu dan keterampilan yang tinggi pun, menurutnya tidak ada gunanya jika mental dan fisik anak didik tidak sehat. 

“Nilai pelajarannya katakanlah 10, tapi kalau sakit-sakitan, nilai akhirnya ya sepuluh kali nol, sama dengan nol," ujar Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x