Kompas TV entertainment selebriti

Calon Pengantin Kaesang-Erina juga akan Jalani Tata Cara Nyantrik, Apa itu?

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 11:13 WIB
calon-pengantin-kaesang-erina-juga-akan-jalani-tata-cara-nyantrik-apa-itu
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Pasangan calon pengantin ini akan menjalani tradisi Nyantrik. (Sumber: Instagram/@erinagudono)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV – Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan berlangsung dalam rangkaian adat Jawa Yogyakarta.

Temasuk tradisi midodareni, di mana keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertamu ke rumah keluarga almarhum Gudono pada malam jelang akad nikah, atau tanggal 9 Desember malam.

"Manten putra juga akan hadir, Mas Kaesang, nyantrik di sini (rumah Erina), sebagai bagian dari midodareni," beber Penanggung jawab penyelenggara pernikahan, Dani Wigung pada wartawan di depan kediaman Erina, Jumat (2/12/2022).

Lantas apa yang dimaksud dengan nyantrik?

Baca Juga: Mengenal Tradisi Pingitan yang Dijalani Kaesang dan Erina Gudono, Merawat Fisik Melatih Kesabaran

Jika sebelumnya telah disebutkan acara midodareni, yakni malam sebelum akad nikah atau malam melepas masa lajang bagi kedua calon pengantin di mana calon pengantin perempuan berdiam di rumah.

Dalam serangkain itu ada acara nyantrik. Tradisi nyantrik dalam rangkaian pernikahan adat Jawa dilakukan oleh mempelai pria seusai tradisi midodareni.


 

Melansir dari jurnal ums.ac.id, prosesi nyantrik untuk memastikan calon pengantin laki-laki akan hadir dalam akad nikah.

Selain itu sebagai bukti bahwa keluarga calon pengantin perempuan benar-benar siap melakukan prosesi pernikahan di hari berikutnya.

Baca Juga: 7 Tembang Ini Bakal Dimainkan saat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung & Pura Mangkunegaran

Baru setelah midodareni dan nyantrik selesai masuk ke acara akad nikah atau Ijab Qobul yang merupakan peristiwa penting dalam hajatan mantu.

Sepasang calon pengantin bersumpah di hadapan naib yang disaksikanwali, sesepuh dan orang tua kedua belah pihak serta beberapa tamuundangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x