Kompas TV nasional politik

Wapres Yakin Panglima TNI yang Baru akan Lanjutkan Penggunaan Pendekatan Humanis di Papua

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 10:59 WIB
wapres-yakin-panglima-tni-yang-baru-akan-lanjutkan-penggunaan-pendekatan-humanis-di-papua
Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin meyakini Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa akan melanjutkan kebijakan penggunaan pendekatan humanis dalam menangani masalah keamanan di Papua. (Sumber: Biro Pers Sekretariat Wakil Presiden)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

BIAK NUMFOR, KOMPAS.TV – Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin meyakini Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa akan melanjutkan kebijakan penggunaan pendekatan humanis dalam menangani masalah keamanan di Papua.

Pernyataan Ma’ruf Amin tersebut disampaikan menanggapi pertanyaan wartawan saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Manuhua, Biak Numfor, Papua, Jumat (02/12/2022).

“Saya kira panglima yang baru tentu akan melanjutkan kebijakan-kebijakan yang sudah ada. Mungkin nanti pemetaannya lebih diintensifkan,” tuturnya dikutip dari keterangan tertulis.

“Sehingga, dengan adanya DOB-DOB (daerah otonom baru, red) ini, petanya semakin jelas [untuk] masing-masing wilayah DOB,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 ini.

Baca Juga: Kunker Ke Papua Tengah Wapres Ma'ruf Bahas Percepatan Pembangunan Daerah Otonom Baru

Sebagai penggantinya, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Komisi I DPR pun telah menyetujui Laksamana Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI setelah mengadakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), Jumat (2/12/2022).

Di Biak Numfor, Ma’ruf Amin juga menjawab pertanyaan wartawan tentang peristiwa penembakan misterius, baik terhadap warga sipil maupun petugas keamanan di wilayah Papua, yang masih kerap terjadi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x