Kompas TV olahraga sapa qatar

Hwang Hee Chan: Dulu Dihajar Evan Dimas cs, Kini Pahlawan Korsel di Piala Dunia 2022

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 06:40 WIB
hwang-hee-chan-dulu-dihajar-evan-dimas-cs-kini-pahlawan-korsel-di-piala-dunia-2022
Penyerang Korea Selatan Hwang Hee-chan penentu tim gingseng ke 16 besar Piala Dunia 2022 (Sumber: AP Photo/ Hasan Ammar)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Bintang Korea Selatan, Son Heung Min meliuk-liuk di antara penjagaan tim Portugal. Lantas, ia mengirimkan umpan manis ke Hwang Hee Chan dan... booom. Goal. Korea Selatan melaju ke-16 besar Piala Dunia 2022.

Hwang Hee Chan lantas berlari, selebrasi setelah mencetak gol ke-2 timnya dan mencopot baju diikuti selebrasi para pemain tim gingseng. Hasil Korea Selatan dan aksi menawan Hwang Hee Chan ternyata membuat riuh pecinta sepak bola di Indonesia.

Nama Evan Dimas dan kawan-kawannya di skuad tim muda U-19 disorot saat Korea Selatan dan Hwang Hee Chan bikin sensasi di Piala Dunia 2022. 

Pada 2014 lalu, pemain yang saat ini membela Wolverhampton Wonderes di Liga Inggris itu pernah bermain di Stadion di Gelora Bung Karno (GBK), Indonesia, saat bermain di tim U-19 Korea Selatan. 

Waktu itu kualifikasi Piala Asia U-19, Hwang Hee Chan cs berhadapan langsung dengan tim Indonesia yang dipimpin kapten Evan Dimas dan keok 3-2. Semua gol Indonesia diborong Evan Dimas. 

Delapan tahun berlalu, pemain kelahiran Gangwon, Korea Selatan, 26 Januari 1996 tersebut mencuri perhatian publik dunia lewat gol di menit akhir laga Korea Selatan vs Portugal yang berakhir 2-1. Laga itu sekaligus penutup grup H Piala Dunia Qatar 2022  di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Jumat, (2/12/2022). 

Baca Juga: Hasil Korea Selatan vs Portugal: Taeguk Warriors Lolos Dramatis, Uruguay Tersingkir

Main di Liga Eropa 

Profil Hwang Hee Chan memang moncer di liga-liga Eropa dan kini pemain yang bisa bermain di posisi sebagai striker dan sayap itu tampil di liga paling bergengsi di dunia, Liga Inggris. 

Ia moncer saat bergabung di RB Salzburg di Liga Austria dengan 86 caps dan 28 goal.

Lalu bermain di Bundesliga, Liga Jerman, dengan bermain di Hamburg dan RB Leipzig. 

Kini, ia jadi andalan Wolves di Liga Inggris dan sudah bermain 11 kali. Musim lalu, ia bahkan mengoleksi 30 caps dan mencetak 5 gol. 

Ia sendiri saat ini masih berusia 26 tahun dan beberapa klub-klub besar disebut menginginkan jasa bintang yang sedari belia membela timnas Korea Selatan. 


 

Beberapa klub yang tertarik mendatangkan Hwang tersebut antara lain Liverpool, Leicester, hingga Tottenham Hotspurs. 

Baca Juga: Son dan Meunier Pakai Topeng di Piala Dunia 2022, Apa Fungsinya bagi Pesepak Bola?

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.