Kompas TV olahraga sepak bola

Liga 1 Kembali Dilanjutkan 5 Desember, Digelar Terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 01:35 WIB
liga-1-kembali-dilanjutkan-5-desember-digelar-terpusat-di-jawa-tengah-dan-yogyakarta
Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan Liga 1 akan dilanjutkan pada 5 Desember dan digelar terpusat di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan bahwa kompetisi kasta teratas sistem liga sepak bola profesional di Indonesia, yakni Liga 1, dipastikan bakal berlanjut pada 5 Desember 2022.

Liga 1 bisa bergulir kembali usai pihak kepolisian sudah memberikan izin dan rekomendasinya. 

Atas datangnya kabar ini, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus pun mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah memberikan perhatiannya terhadap kelanjutan Liga 1.

"Ini kabar yang menggembirakan bagi kami dan semua klub Liga 1," kata Ferry dalam keterangannya dikutip dari Antara, Jumat (2/12/2022) malam. 

"Terima kasih kepada Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan atas perhatian dan kerja samanya selama ini," ucapnya. 

Nantinya, kelanjutan pertandingan di Liga 1 akan digelar secara terpusat atau sistem bubble (gelembung) di dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Total bakal ada lima stadion yang akan dipakai sebagai venue, yakni Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), Stadion Sultan Agung (Bantul), serta Stadion dr Moch Soebroto (Magelang).

Baca Juga: Jadwal Kompetisi Liga 1 Mundur, Pelatih PSS Sleman Sebut Berimbas kepada Mental Pemain

Ferry juga mengatakan, putaran pertama Liga 1 akan selesai akhir Desember dan semua pertandingan tidak dihadiri penonton. 

"Putaran pertama akan selesai pada akhir Desember 2022. Semua pertandingan (dalam gelembung -red) digelar tanpa kehadiran penonton di stadion," ungkapnya. 

Selain itu, Ferry menjelaskan, selama digelarnya putaran pertama Liga 1, pihak dari Polri akan melakukan pengawasan. 

Kepolisian bahkan sudah menugaskan tim khusus untuk memastikan keamanan stadion serta pelaksanaan aspek-aspek teknis agar sesuai dengan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

"Pada Kamis (1 Desember), Mabes Polri mengirimkan tim khusus untuk meninjau sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta," tutur Ferry. 

Seperti yang diketahui, Liga 1 musim 2022-2023 harus ditunda usai Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 136 korban jiwa pada 1 Oktober lalu. 

Kompetisi nasional dihentikan untuk sementara sampai ada aturan baru terkait keamanan stadion demi mencegah peristiwa di Stadion Kanjuruhan setelah laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya itu, tidak terulang lagi di masa depan. 

Dalam klasemen Liga 1 sebelum dihentikan, Borneo FC masih berada di puncak dengan koleksi 23 poin dari 11 poin, unggul selisih gol atas Madura United yang juga mempunyai jumlah poin sama di posisi kedua.  

Baca Juga: Dua Bulan Tragedi Kanjuruhan, PSSI Disebut Lebih Sibuk Urus Izin Liga 1 Dibanding Usut Tuntas Kasus


 

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.