Kompas TV entertainment selebriti

Usai Midodareni, Kaesang akan Nyantrik di Rumah Erina, tapi Tak Boleh Bertemu hingga Akad

Sabtu, 3 Desember 2022 | 05:30 WIB
usai-midodareni-kaesang-akan-nyantrik-di-rumah-erina-tapi-tak-boleh-bertemu-hingga-akad
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Jelang pernikahan, Kaesang akan menjalani tradisi nyantrik, apa itu? (Sumber: Instagram/@erinagudono)
Penulis : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan berlangsung dalam rangkaian adat Jawa Yogyakarta.

Salah satunya tradisi midodareni, di mana keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertamu ke rumah keluarga almarhum Gudono pada malam jelang akad nikah, atau tanggal 9 Desember malam.

Baca Juga: Panitia Pernikahan Kaesang-Erina akan Kenakan Tiga Macam Beskap, Apa Saja? Ini Bocorannya

Penanggung jawab penyelenggara pernikahan, Dani Wigung, menyebut Kaesang akan turut serta dalam rombongan Presiden Jokowi di malam midodareni. Kaesang akan melanjutkan rangkaian pernikahan adat Jawa dengan tradisi nyantrik di rumah keluarga calon isterinya.

"Manten putra juga akan hadir, Mas Kaesang, nyantrik di sini (rumah Erina), sebagai bagian dari midodareni," beber Dani pada wartawan di depan kediaman Erina, Jumat (2/12/2022).

Tradisi nyantrik dalam rangkaian pernikahan adat Jawa dilakukan oleh mempelai pria seusai tradisi midodareni.

Rumah kediaman keluarga Erina Gudono di Purwosari, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. (Sumber: Kompas TV/Michael Aryawan)

Baca Juga: Cerita Perajin Blangkon Langganan Keluarga Jokowi, Dipercaya Sejak Pernikahan Gibran hingga Kaesang

Saat menjalani tradisi nyantrik, mempelai pria akan tinggal di rumah keluarga mempelai perempuan, sebagai titipan orang tuanya kepada besan.

Dalam tradisi ini, mempelai pria akan di jamu makan tengah malam, namun tidak diperkenankan bertemu mempelai perempuan hingga pelaksanaan akad nikah pada esok hari.

(Penulis: Michael Aryawan)

 

Baca Juga: Dekorasi Pernikahan Kaesang dan Erina Usung Tema Jawa Klasik Mataram Islam, Apa Itu?


 


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x