Kompas TV regional sosial

Tingkatkan Aksesibilitas Belajar, YDKK Salurkan Donasi Buku untuk 15 Sekolah di Jawa Barat

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 03:05 WIB
tingkatkan-aksesibilitas-belajar-ydkk-salurkan-donasi-buku-untuk-15-sekolah-di-jawa-barat
Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas menyalurkan donasi buku ke SMAN 1 Ciracap yang diterima oleh Wakil Kepala Sekolah Beben Rusdani. (Sumber: Dok. Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) menyalurkan donasi buku kepada 12 Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan di daerah Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara 'Cycling De Jabar' yang juga bekerja sama dengan Bank BJB dan Harian Kompas. Bantuan yang diberikan untuk melengkapi koleksi bacaan di perpustakaan sekolah. 

Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas A. Tomy Trinugroho mengungkapkan peningkatan kemampuan literasi siswa sangat penting karena memengaruhi kualitas manusia. 

YDKK memilih wilayah selatan Jawa Barat menjadi wilayah sasaran karena perkembangannya relatif tidak secepat Jawa Barat bagian Utara. 

Baca Juga: Beri Perhatian ke Daerah Perbatasan Indonesia, YDKK Ikut Bantu Pembangunan Infrastruktur

Ancaman bencana alam di daerah itu cukup besar, mulai dari banjir hingga tanah longsor, sehingga berdampak pada aksesbilitas untuk belajar dan bekerja. 

"Dana Kemanusiaan Kompas yang mengelola donasi Pembaca Kompas memutuskan untuk menyalurkan bantuan pembaca bagi pengadaan buku di sekolah di kawasan Jawa Barat. Semoga buku-buku hasil bantuan pembaca itu sungguh berguna dalam proses meningkatkan kemampuan literasi para siswa," ujar Tomy dalam keterangan tertulinya, Jumat (2/12/2022).

Tomy menjelaskan serah terima donasi buku dari YDKK dilakukan di dua titik, yakni SMAN 1 Ciemas dan SMAN 1 Ciracap yang bertepatan di Kabupaten Sukabumi. 

Penyerahan donasi di SMAN 1 Ciemas diterima Kepala Sekolah SMAN 1 Ciemas, Ramdan Sutana Hadi. Sedangkan penyerahan buku di SMAN 1 Ciracap diterima Wakil Kepala Sekolah Beben Rusdani. 

Baca Juga: Cerita Relawan Malah Dicegat Warga saat Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Terdapat 15 instansi yang mendapat bantuan donasi buku dan tersebar di lima wilayah selatan Jawa Barat. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x