Kompas TV internasional kompas dunia

Elon Musk Rencanakan Tanam Implan dalam Otak Manusia, Klaim Mampu Gerakkan Kursor Komputer

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 06:05 WIB
elon-musk-rencanakan-tanam-implan-dalam-otak-manusia-klaim-mampu-gerakkan-kursor-komputer
Dua ekor monyet dilaporkan menggerakkan kursor komputer dengan otak, dalam presentasi implan Neuralink, diharapkan mampu menghubungkan otak manusia ke komputer. (Sumber: Bloomberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua ekor monyet dilaporkan mampu menggerakkan kursor komputer dengan otak. Presentasi teknologi implan Neuralink itu diharapkan mampu menghubungkan otak manusia ke komputer.

Sang pemilik Neuralink, miliarder teknologi Elon Musk, mengatakan bahwa perusahaannya tengah mencari persetujuan pemerintah untuk menguji perangkat implan pada manusia. Musk memperkirakan, pengujian implan pada manusia itu bisa terjadi dalam enam bulan. Yang lain telah melakukan tes serupa selama bertahun-tahun, tetapi tidak ada perangkat yang dipasarkan secara komersial.

Prestasi tersebut pertama kali didokumentasikan oleh orang lain pada manusia pada tahun 2006 di era pra-YouTube dan dengan teknologi yang jauh lebih rumit, menambatkan pasien ke komputer dengan kabel.

Presentasi Musk pada Rabu malam menawarkan sedikit hal baru yang signifikan dari demonstrasi perangkat sebelumnya.

Dia terus mengeklaim bahwa implan dapat memungkinkan kontrol komputer bagi orang lumpuh di luar pengaturan laboratorium.

Tetapi, para ahli di lapangan mempertanyakan apakah demonstrasi tersebut menunjukkan kemajuan besar dengan perangkat tersebut, terutama mengingat luasnya pekerjaan yang sedang berlangsung di seluruh negeri.

"Ini adalah kemajuan bertahap," kata Daniel Yoshor, seorang ahli bedah saraf dan ahli saraf di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania yang telah bekerja dengan perangkat serupa, setelah menonton presentasi. "Perangkat kerasnya mengesankan, tetapi tidak mewakili kemajuan dramatis dalam memulihkan atau meningkatkan fungsi otak."

Baca Juga: Penelitian Cip Neuralink Elon Musk Makan Korban, 15 Monyet Mati dalam Uji Coba

Pekerjaan teknik Neuralink merupakan kemajuan penting, tambahnya, tetapi hasil yang ditunjukkan oleh perusahaan tidak sepenting itu.

Perusahaan tidak memiliki persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk menjual perangkat tersebut.

Musk mengatakan bahwa perusahaannya telah menyerahkan sebagian besar dokumennya ke agensi untuk meminta izin menanamkan perangkatnya pada manusia.

Dia memperkirakan tes pada manusia dalam enam bulan, tetapi setiap langkah menuju uji coba pada manusia akan bergantung pada FDA setelah evaluasi penuh atas risiko implantasi bedah dan keamanan perangkat.

Neuralink awalnya menjadwalkan acara tersebut pada akhir Oktober, sebelum Musk, seorang multimiliuner, menunda presentasi di tengah salah satu bulan yang lebih kacau dalam kariernya.

Dia baru-baru ini menyelesaikan pembelian Twitternya, yang telah menyita sebagian besar perhatiannya, dan perombakan manajemen perusahaan media sosial itu telah menimbulkan kontroversi yang cukup besar.

Sementara Musk menangani Twitter dan tugas lainnya, serta mengawasi pembuat mobil listrik Tesla dan perusahaan roket SpaceX, Neuralink muncul dari periode perubahan.

Baca Juga: Karyawan Twitter 'Resign' Massal hingga Harus Tutup Kantor, Elon Musk Tetap Santai.

Dua ekor monyet dilaporkan menggerakkan kursor komputer dengan otak, dalam presentasi implan Neuralink, diharapkan mampu menghubungkan otak manusia ke komputer. (Sumber: New York Times)


Sumber : Kompas TV/New York Times/Bloomberg

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.