Kompas TV nasional politik

Calon Panglima TNI Yudo Margono Pastikan Seluruh Prajurit akan Netral di Pemilu 2024

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 20:05 WIB
calon-panglima-tni-yudo-margono-pastikan-seluruh-prajurit-akan-netral-di-pemilu-2024
KSAL Laksamana Yudo Margono saat akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI bersama Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (2/12/2022). (Sumber: KOMPAS/REBIYYAH SALASAH)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan seluruh prajurit TNI akan menjaga netralitasnya dalam menyongsong gelaran Pemilu 2024 mendatang. 

Baca Juga: Politikus PDIP: Yudo Margono Harus Bisa Pastikan Prajurit Netral di Pemilu 2024

"Untuk tahun politik, saya sudah jelas soal netralitas TNI, dan kita tetap netral di Pemilu 2024," kata Yudo di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (2/12/2022). 

Menurut dia, seorang prajurit TNI mutlak tak boleh terjun dalam politik praktis, karena itu merupakan amanah dalam reformasi.

"Dan kita sosialisasikan agar netral. Karena netralitas TNI seperti itu," ujarnya. 

Ia mengaku akan fokus selama setahun ke depan untuk mempersiapkan TNI tetap netral di pesta demokrasi nanti. 

"Silakan masing masing-masing orang menilai apakah efektif untuk menjabat selama setahun."

"TNI tidak bisa bergerak sendiri bila tanpa soliditas dan sinergitas bersama Polri dan komponen negara lainnya," kata Yudo. 

Sebelumnya,  Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin meminta kepada calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk bisa memastikan seluruh prajurit dari seluruh matra untuk bisa netral dalam menghadapi gelaran Pemilu 2024 mendatang. 

Baca Juga: Komisi I DPR Setujui Laksamana Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI

"Misalnya saja tentang memintanya kepada panglima agar prajurit TNI itu tetap dalam posisi netral. Kemudian tidak berpolitik praktis terutama ketika menghadapi seperti pemilu, pilkada, pilpres, pileg," kata TB Hasanuddin di Gedung DPR, Kamis (1/12/2022). 


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x