Kompas TV regional berita daerah

Presiden Melalui BPN Kaltim Bagikan 510 Sertifikat Tanah

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 15:02 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Sebanyak 1 koma 5 juta sertifikat tanah diserahkan secara simbolis ke pemiliknya yang langsung diberikan Oleh Presiden Jokowi, Kamis siang tadi. Penyerahan sertifikat tanah ini dilakukan secara langsung di Istana Negara dan virtual di 34 Provinsi di Indonesia .

Sementara untuk Kalimantan Timur sendiri diserahkan 510 sertifikat tanah secara simbolis. Dengan catatan ada 500 sertifikat tanah PTSL dan 10 sertifikat tanah regis. 

Acara ini dihadiri oleh perwakilan 3 kota, yakni 300 pemilik tanah dari Kota Samarinda , 150 dari Kutai Kartanegara, dan 50 pemilik tanah dari Balikpapan.

Penyerahan simbolis ini hanya untuk memudahkan mobilisasi, nantinya penyerahan sertifikat tanah secara masif akan dimulai keesokan harinya. Hingga semua sertifikat diterima oleh para pemilik tanah.

BPN Kaltim sudah merampungkan sekitar 98 persen dari target pemberian sertifikat tanah tahun 2022 . Yakni 122 ribu sertifikat dari 125 ribu sertifikat . Selanjutnya target BPN Kaltim tahun 2023 yakni memberikan sertifikat tanah sebanyak 126 ribu untuk wilayah Kaltim dan Kaltara.

Kepala BPN Kaltim mengatakan BPHTB salah satu penyebab turunnya kemauan masyarakat untuk mensertifikasi tanahnya . Kutai kartanegara masih menjadi satu satunya kabupaten kota di Kaltim Kaltara yang memberlakukan BPHTB dengan nilai 0

Asnaedi berharap, dengan agenda ini, akan menimbulkan kesadaran bagi masyarakat yang belum mendaftarkan tanahnya, untuk segera mengurus yang akan difasilitasi oleh pemerintah daerah.

#Jokowidodo #BPNKaltim #SertifTanah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x