Kompas TV olahraga sapa qatar

Jerman Gagal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Thomas Mueller Beri Ucapan Perpisahan untuk Pendukung

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 13:43 WIB
jerman-gagal-lolos-16-besar-piala-dunia-2022-thomas-mueller-beri-ucapan-perpisahan-untuk-pendukung
Ekspresi kecewa Thomas Mueller (kanan) bersama sejumlah pemain Timnas Jerman lainnya usai negara tersebut gagal lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. (Sumber: AFP/Tom Weller via Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bintang sepak bola Jerman, Thomas Mueller mengucapkan perpisahan kepada pendukung, usai perjuangan Timnas Jerman di ajang Piala Dunia 2022 terhenti di fase grup, meski pada pertandingan terakhirnya, Der Panzer berhasil mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2.

Dalam pertandingan yang digelar Jumat (2/12/2022) dini hari tadi WIB, Serge Gnabry dan Niclas Fuellkrug berhasil mencetak satu gol, sedangkan Kai Havertz sukses menorehkan brace.

Sementara Kosta Rika sempat unggul, namun mereka hanya bisa melesakkan dua gol ke gawang Jerman melalui Yeltsin Tejeda dan gol bunuh diri Manuel Neuer.

Dengan hasil tersebut, tim besutan Hansi Flick hanya finis di urutan ketiga dengan raihan empat poin.

Mereka tak bisa lolos ke fase selanjutnya lantaran kalah jumlah selisih gol dengan Spanyol.

Dengan torehan itu, Tim Panser mengulangi capaian kelam di ajang Piala Dunia sebelumnya. Seperti yang diketahui, Jerman pun tak mampu lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia 2018 Rusia, meski saat itu mereka berstatus sebagai juara bertahan.

Penyerang Jerman pada Piala Dunia 2022, Thomas Mueller, belum bisa menerima kenyataan bahwa perjalanan timnya harus terhenti di fase grup.

Baca Juga: Jerman Tersungkur di Piala Dunia 2022, Mueller: Sangat Pahit

Meski memiliki poin yang sama dengan peringkat kedua grup E, Spanyol, namun Jerman kalah jumlah selisih gol dari tim besutan Luis Enrique tersebut.

"Ini benar-benar bencana, saya tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya," kata Mueller, dikutip dari SkySports, Jumat (2/12).

Padahal, Mueller mengatakan, gelaran Piala Dunia 2022 bisa menjadi turnamen internasional terakhirnya bersama Timnas Jerman.

"Jika ini adalah pertandingan terakhir saya, saya ingin mengatakan beberapa patah kata kepada para penggemar sepak bola Jerman," ujar Mueller sembari menangis.

"(Kenangan bersama Timnas Jerman) Itu adalah kesenangan yang luar biasa," tuturnya.

Mueller menyampaikan, dia telah melewati banyak momen hebat selama membela Der Panzer.


 

"Kami mengalami momen-momen hebat. Saya mencoba untuk menaruh hati saya di lapangan di setiap pertandingan (Jerman)," ucap Mueller.

Pemain Bayern Muenchen itu juga mengaku, kini timnya tidak berdaya menerima kenyataan bahwa perjalanan Jerman di Piala Dunia 2022 telah berakhir.

"Ini luar biasa pahit bagi kami, ini adalah perasaan tidak berdaya," ucapnya.

Baca Juga: Jerman Gagal ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Hansi Flick Enggan Salahkan Kekalahan Spanyol dari Jepang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.