Kompas TV regional berita daerah

Workshop Ecoprint Di Kebun Raya Bedugul

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 12:15 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

TABANAN, KOMPAS TV - Workshop ecoprint yang diwadahi Ruang Kreatif Bentara tidak saja bertujuan mengenalkan teknik ecoprint dalam karya seni atau produk kreatif, namun juga mendorong terciptanya pergaulan kreatif bagi generasi muda dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki khususnya dalam bidang seni rupa.

Ecoprint merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain, menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang menghasilkan pigmen warna. Media yang dipakai dalam ecoprint tidak terbatas pada kain saja, namun segala benda yang mampu menyerap warna alami dari dedaunan dan bunga-bunga dapat dipakai. Dengan ini ecoprint menjadi alternatif cara untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan ekosistem akibat limbah kimia pabrik tekstil

Kadek Novi Sumariani, seniman muda yang merupakan narasumber pada workshop kali ini, kerap bereksperimen dalam karya-karyanya, dengan membuat warna-warna alami yang kemudian dijadikan pewarna kertas daur ulang.


Novi telah berpartisipasi dalam berbagai pameran regional maupun nasional, antara lain: pameran instalasi di Museum Puri Ubud Lukisan, pameran instalasi bersama perupa perempuan Bali, pameran instalasi utusan sosial kilat darurat bersama perupa muda se-Indonesia di Bentara Budaya Bali, dan lain-lain.


 

 

 

 

 

 

 

#workshopecoprint   #kebunrayabali    #bentarabudayabali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x