Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Sebut Anies Baswedan Bakal Gagal Dapat Tiket Capres jika Demokrat Gabung KIB

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 11:49 WIB
pengamat-sebut-anies-baswedan-bakal-gagal-dapat-tiket-capres-jika-demokrat-gabung-kib
Demokrat disebut sulit gabung KIB, bikin pencapresan Anies terganjal (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrat disebut sulit untuk bergabung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di tengah isu 'partai biru' gabung koalisi tersebut. Jika itu terjadi, maka pencapresan Anies Baswedan di pemilu 2024 disebut bakal bubar. 

Hal itu diungkap pakar politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, dalam Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Jumat (2/12/2022).

"Demokrat tarik ulurnya berat. Kalau nyebrang (ke KIB) Anies tidak akan dapat tiket pilpres," ujarnya. 

Baca Juga: Nempel Terus Anies Baswedan, PKS Ngaku Cawapres Kian Mengerucut: Kami Tidak Maksa

Ia lantas menyebut, skenario pilpres nanti 3 calon, maka tiga partai yang menempel ke Anies Baswedan harus bersatu. 

"Kalau nanti pilpres 3 calon, Nasdem, PKS dan Demokrat harus brsatu. Kalau satu saja tidak ikut, atau menempel gabung KIB. Tak ada lagi poros koalisi perubahan," katanya. 

"Itu diinginkan pihak lawan politik Anies. Kenapa? Kelompok mereka ingin 2 putaran. Artinya Anies tak dapat tiket," ucpnya. 

Ujang menyebut, para lawan politik menunggu soal Anies dan tiket ini. 

"Kemarin saya ktemu elit partai, intinya mereka mau kelompok dua pasangan. Artinya bisa Anies tersingkir, makanya Anies dapat, Nasdem PKS dan Demokrat," ujarnya. 


 

Ia lantas menyebut, warna bola Piala Dunia sebagai representasi partai baru yang disebut saat pertemuan elite KIB itu bukan untuk Demokrat. 

"Jawaban biru-biru gabung KIB, agak berat Demokrat gabung KIB. Saya dengar itu Perindo, agak biru-biru dikit warnanya. Yang merah-merah dikit itu PSI," ujarnya. 

Baca Juga: Sambil Tersenyum, Ketua DPP Golkar Jawab Isu 'Partai Biru' Gabung KIB: Demokrat Berpotensi

Sebelumnya seperti diberitakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan, akan ada partai politik yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang saat ini beranggotakan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

 "Warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini, dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai Bapak Presiden, yang bagian dari bola (Piala Dunia) itu juga," kata Airlangga seusai pertemuan antara elite KIB di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Bendahara Umum Partai Golkar Dito Ganinduto, Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur, dan Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x