Kompas TV regional berita daerah

Faktor Cuaca, Harga Cabai Naik Daya Beli Turun

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Akibat gagal panen yang dipengaruhi oleh cuaca, membuat pasokan cabai semakin berkurang. Dari pantauan di Pasar Johar, Kota Semarang, Jawa Tengah harga semua jenis cabai naik.

Seperti harga cabai rawit merah atau kerap disebut cabai setan dari semula Rp 32.000 naik menjadi Rp 36.000  perkilogram. Harga cabai rawit putih naik dari harga Rp 13.000 menjadi Rp 15.000 perkilogramnya dan harga cabai merah keriting yang semula Rp 20.000 saat ini naik menjadi Rp 22.000 perkilogram.

Pedagang mengaku, naiknya harga cabai dipicu karena faktor cuaca dan stok, sehingga berdampak pada harga jual di tingkat pengecer di pasar tradisional. Naiknya harga cabai membuat konsumen mengurangi jumlah pembelian.

"Alasannya karena naik sehingga membuat pembeli yang biasanya membeli lima kilo menjadi tiga kilo," ujar Riyati, pedagang cabai.

Pedagang berharap harga cabai di pasaran tidak terus naik, agar daya beli masyarakat bisa kembali normal.

#cabai #bahanpokok #tahunbaru


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Lebih Seribu Calon PPS Ikuti Sesi Wawancara

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:16 WIB
Berita Daerah

Air Laut Selayar Berubah Warna Dan Berbau

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:09 WIB
Berita Daerah

Rumah Warga Rusak Berat Diterjang Banjir

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:05 WIB
Close Ads x