Kompas TV nasional hukum

Keterangan Kodir ART Ferdy Sambo Ternyata Berbeda dengan Fakta yang Terungkap di CCTV

Jumat, 2 Desember 2022 | 09:22 WIB
keterangan-kodir-art-ferdy-sambo-ternyata-berbeda-dengan-fakta-yang-terungkap-di-cctv
Foto arsip. Asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Diryanto alias Kodir, saat menjadi saksi di sidang Rcky Rizal dan Kuat Maruf, Rabu (9/11/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keterangan asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo bernama Diryanto alias Kodir di persidangan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ternyata berbeda dengan fakta yang sebenarnya terjadi.

Diketahui, Kodir saat memberikan keterangan mengaku baru masuk rumah dinas Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada hari terbunuhnya Brigadir J, Jumat, 8 Juli 2022 sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Pengamat: Kasus Tambang Ilegal yang Seret Nama Kabareskrim Polri Lebih Besar dari Kasus Brigadir J

Padahal, terungkap dari rekaman CCTV di rumah dinas Ferdy Sambo, Kodir keluar masuk rumah majikannya itu sesaat setelah Brigadir J tewas sekitar pukul 17.00 hingga 17.12 WIB.

"Itu si Kodir masuk itu? Waktu memberikan keterangan saksi dia (bilang dia) di luar saja, jam 8 (20.00) baru dia masuk," kata Hakim Suhel di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (1/12/2022) seperti dipantau KOMPAS.TV secara daring.

Hakim Suhel lantas menyayangkan rekaman CCTV itu tidak diputar ketika dilakukan pemeriksaan terhadap Kodir waktu dihadirkan sebagai saksi.

Hakim Suhel meyakini jika CCTV itu diputar, Kodir tak akan bisa berdalih terkait posisinya yang sebenarnya saat peristiwa penembakan Brigadir J terjadi.

Baca Juga: Pihak Hendra Kurniawan Minta Kapolri Lindungi Ismail Bolong: Jangan Ditekan dan Jangan Suruh Lari

"Mestinya ini pada waktu pemeriksaan Kodir diperlihatkan, ini kan ada bukti," ujar Hakim Suhel.

"Kalau seandainya bukti itu sudah ada di sini kan dia bisa diperlihatkan, lihat itu."


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x