Kompas TV entertainment selebriti

Pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Lebih dari 5 Kantong Parkir Besar Disiapkan

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:01 WIB
pernikahan-kaesang-erina-di-solo-lebih-dari-5-kantong-parkir-besar-disiapkan
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ziarah ke Makam Mangkunegara I - IX, Selasa (29/11/2022). (Sumber: Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Lebih dari lima kantong parkir besar disiapkan untuk acara pernikahan ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Kota Solo atau Surakarta.

"Kantong parkir sudah kami mapping (petakan) di beberapa tempat," kata Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi kepada Kompas TV, Kamis (1/12/2022).

Selain lapangan parkir kendaraan di lokasi utama, yakni halaman Pura Mangkunegaran, pihak berwenang juga menyiapkan lima lokasi lain untuk mengantisipasi banyaknya kendaraan dari para tamu undangan.

"Lebih dari lima lokasi besar yang kita siapkan untuk menampung (kendaraan) jika memang dibutuhkan area parkir yang cukup luas," ujarnya.

Lokasi kantong parkir besar itu terletak di SD Beskalan, PTPN IX Solo, eks Aspol Beskalan, areal parkir Stadion Manahan, dan Benteng Vastenburg.

Meski tidak parkir di lokasi utama, para tamu undangan tak perlu khawatir, sebab ada shuttle bus dari lokasi parkir ke lokasi ngunduh mantu Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran itu.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang dan Erina, Ribuan Porsi Makanan dan Souvenir akan Dibagikan di Jalan Kota Solo

Sebagai informasi, pernikahan Kaesang-Erina akan diadakan di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran pada 11 Desember 2022.

Nantinya, pengantin akan diarak dari dua tempat tersebut melalui Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Diponegoro.


Di sisi lain, sejumlah CCTV dipasang di 13 titik di sekitar rumah Erina di kampung Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menjelang acara midodareni yang akan dihadiri Presiden Jokowi.

Pemasangan CCTV tersebut telah dilaksanakan sejak Rabu 30 November 2022.

"Yang akan hadir itu VVIP, secara protokoler, CCTV itu kan bagian dari protap pengamanan, jadi CCTV itu bukan permintaan dari keluarga," kata Dani Wigung, pemilik WO Pengantin Production yang menangani pernikahan Kaesang-Erina, Kamis (1/12/2022).

Selain pemasangan CCTV, sejumlah persiapan lain juga terlihat. Salah satunya pemasangan tenda yang mulai dilakukan pihak WO pada Kamis siang (1/12/2022). 

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang, 13 CCTV Dipasang di Sekitar Rumah Erina Gudono

Menurut Dani, tenda yang dipasang hanya berukuran 15 x 15, diperuntukkan untuk 150 tamu undangan terbatas pada kegiatan semaan Al-Quran dan prosesi adat jawa di tanggal 8 dan 9 Desember 2022. Tenda dipasang di depan rumah Erina, meminjam badan jalan kampung dan lahan kosong milik tetangga.

Setelah rangkaian kegiatan semaan Al-Quran dan prosesi adat Jawa di rumah mempelai perempuan, pernikahan Kaesang-Erina di Yogyakarta akan diakhiri dengan akad nikah pada tanggal 10 Desember 2022 di pendopo Royal Ambarrukmo.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x