Kompas TV olahraga sapa qatar

Hasil Jepang vs Spanyol di Piala Dunia 2022: Samurai Biru Kejutkan El Matador!

Jumat, 2 Desember 2022 | 04:58 WIB
hasil-jepang-vs-spanyol-di-piala-dunia-2022-samurai-biru-kejutkan-el-matador
Skuad Timnas Jepang merayakan kemenangan 2-1 atas Spanyol dan kelolosan ke 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) (Sumber: Twitter FIFA World Cup)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

AL RAYYAN, KOMPAS.TV - Hasil Jepang vs Spanyol dalam laga pamungkas Grup E Piala Dunia 2022 berakhir dengan skor 2-1. 

Dalam laga yang bertempat di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB itu, dua gol kemenangan Samurai Biru dicetak Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka pada menit ke-51. 

Sementara itu, Spanyol sebenarnya sempat unggul lewat gol Alvaro Morata pada menit ke-11. 

Kemenangan ini membuat Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E. Pasukan Hajime Moriyasu sukses mengumpulkan 6 poin dari 2 pertandingan. 

Baca Juga: Klasemen Akhir Grup F Piala Dunia 2022: Maroko dan Kroasia Benamkan Belgia

Di sisi lain, kendati menelan kekalahan, Spanyol tetap melangkah ke 16 besar. Spanyol unggul selisih gol atas peringkat ketiga Jerman yang sama-sama mengoleksi 4 poin. 

Jalannya pertandingan

Sejak menit awal pertandingan, Spanyol langsung mengurung pertahanan Jepang. El Matador langsung unggul ketika laga baru berjalan 11 menit. 

Umpan silang Cesar Azpilicueta mampu dituntaskan menjadi gol oleh Alvaro Morata dengan tandukan. Spanyol memimpin 1-0. 

Setelahnya, Spanyol terus mengurung pertahanan Jepang. Tetapi, anak asuh Luis Enrique gagal membuat peluang berbahaya. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada tambahan gol dari kedua tim. 

Memasuki paruh kedua pertandingan, Jepang memasukkan dua pemainn baru, Ritsu Doan dan Kaoru Mitoma. Hasilnya sangat positif dan membuat perbedaan dalam permainan Samurai Biru

Baru tiga menit babak kedua berjalan, Ritsu Doan sukses mencetak gol penyama kedudukan. 

Baca Juga: Hasil Kroasia vs Belgia: Imbang tanpa Gol, Kevin De Bruyne dkk Tersingkir

Sepakan keras Doan dari luar kotak penalti sebenarnya berhasil dijangkau oleh kiper Spanyol, Unai Simon. Tetapi, bola terlalu kencang dan tetap masuk menjadi gol. 

Hanya berjarak tiga menit berselang, Jepang justru berbalik unggul lewat gol Ao Tanaka. 

Bermula dari umpan silang Ritsu Doan ke tiang jauh, bola yang nyaris keluar lapangan, berhasil dijangkau oleh Mitoma untuk dijadikan umpan ke muka gawang. 


 

Para pemain bertahan Spanyol hanya terdiam saat Ao Tanaka menyambar bola dengan mudah masuk ke gawang. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Jepang. 

Pada sisa waktu yang ada, Spanyol mencoba keras untuk membuat gol penyama kedudukan. Tetapi, Jepang bertahan dengan solid. Pertandingan akhirnya berakhir dan skor 2-1 untuk kemenangan Samurai Biru tidak berubah.

Baca Juga: Belgia Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Lukaku Ngamuk, Martinez Mundur dari Kursi Pelatih

Susunan Pemain

Jepang (4-3-3): 12-Shuichi Gonda; 5-Yuto Nagatomo (9-Kaoru Mitoma 46'), 3-Shogo Taniguchi, 22-Maya Yoshida, 4-Ko Itakura;  17-Ao Tanaka (6-Wataru Endo 87'), 13-Hidemasa Morita, 14-Junya Ito; 11-Takefusa Kubo (8-Ritsu Doan 46'), 25-Daizen Maeda (18-Takuma Asano 62'), 17-Daichi Kamada (16-Takehiro Tomiyasu 69'). 

Pelatih: Hajime Moriyasu

Spanyol (4-3-3): 23-Unai Simon; 14-Alejandro Balde (18-Jordi Alba 68'), 4-Pau Torres, 16-Rodri, 2-Cesar Azpilicueta (20-Dani Carvajal 46'); 26-Pedri, 5-Sergio Busquets, 9-Gavi (25-Ansu Fati 68'); 21-Dani Olmo, 7-Alvaro Morata (10-Marco Asensio 57'), 12-Nico Williams (11-Ferran Torres 57').   

Pelatih: Luis Enrique


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Gurihnya Keripik Pare dan Melinjo

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:19 WIB
Close Ads x