Kompas TV pendidikan kampus

Cek Daftar PTN dan Prodi untuk SNBP dan SNBT 2023, Bebas Pilih, Tak Harus sesuai Jurusan!

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:30 WIB
cek-daftar-ptn-dan-prodi-untuk-snbp-dan-snbt-2023-bebas-pilih-tak-harus-sesuai-jurusan
Arsip foto Raja Muhammad Hayuri Islami, mahasiswa termuda UGM tahun ajaran baru 2022. Tim SNPMB sudah merilis daftar PTN beserta pilihan prodi untuk SNBP dan SNBT 2023 pada Kamis (1/12/2022). (Sumber: ugm.ac.id)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) telah merilis daftar Perguruan Tiinggi Negeri (PTN) beserta program studi (prodi) pilihan untuk pendaftaran tahun ajaran 2023, Kamis (1/12/2022).

Dalam konferensi pers yang disiarkan via kanal Youtube SNPMB, Ketua Penanggung Jawab Prof Mochamad Ashari menyatakan, calon mahasiswa dibebaskan memilih prodi.

"Jadi calon mahasiswa (siswa IPA, IPS, dan Bahasa) sudah diizinkan untuk pilih prodi apa saja yang mereka suka di PTN," kata Ashari.

Menurut sosok yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) itu, pembatasan prodi terkait jurusan saat sekolah sudah tidak lagi relevan.

Sebab, saat ini, kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja sudah lintas kelimuan.


Baca Juga: Tips Kuliah di Yogyakarta: Hindari Pergaulan Bebas, Jangan Tergiur Trend, Riset Sebelum Ngekos

Terlepas dari itu, dalam SNPMB 2023, terdapat 86 PTN yang bisa dipilih via jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Namun, jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) hanya menyediakan opsi 85 PTN.  Adanya selisih pilihan 1 PTN terjadi karena Universitas Terbuka tak membuka pendaftaran via SNBT.

Sebagai informasi, kendati dibebaskan memilih prodi, syarat berikut wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa:

  1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN;

  2. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN yang berlokasi satu provinsi dengan SMA/MA/SMK asal;

  3. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. 

Daftar lengkap pilihan PTN, prodi, peminat tahun lalu, termasuk daya tampungnya, dapat Anda akses dengan mengklik tautan berikut: [Klik di Sini].

Baca Juga: Apa Itu Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru yang Didesak untuk Dihapus


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x