Kompas TV pendidikan kampus

Pendaftaran SNPMB 2023: Penjelasan Jalur Masuk SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri

Jumat, 2 Desember 2022 | 05:00 WIB
pendaftaran-snpmb-2023-penjelasan-jalur-masuk-snbp-snbt-dan-seleksi-mandiri
Arsip foto mahasiswa baru di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Pendaftaran kuliah tahun 2023 bisa dilakukan melalui tiga jalur SNPMB, yakni SNBP, SNBP, dan Seleksi Mandiri. (Sumber: kemendikbud.go.id)

Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) telah meluncurkan sistem pendaftaran untuk periode 2023 pada Kamis (1/12/2022) sore.

Dalam keterangan tertulis, Tim SNPMB menyampaikan bahwa mahasiswa bisa mendaftar kuliah melalui tiga jalur.

Masing-masing adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur Seleksi Mandiri.

Berikut penjelasan masing-masing jalur SNPMB 2023.

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Jalur ini dulunya dikenal sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Calon mahasiswa bisa mendaftar menggunakan rapor hasil belajar serta portofolio atau bukti prestasi.

"SNBP berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah," demikian penjelasan Tim SNPMB.

"Pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran, dan maksimal 50 persen untuk nilai mata pelajaran pendukung program studi, prestasi, dan/atau portofolio."

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan jalur SNBP dengan SNMPTN yang dulu, yakni seleksi tak lagi hanya mengandalkan nilai mata pelajaran semata.

Beberapa poin penunjang seperti portofolio dan prestasi dari calon mahasiswa, turut dipertimbangkan oleh tim penyeleksi.

Baca Juga: Tips Kuliah di Yogyakarta: Hindari Pergaulan Bebas, Jangan Tergiur Trend, Riset Sebelum Ngekos

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

SNBT merupakan pengganti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Saat mendaftar lewat jalur ini, calon mahasiswa wajib menjalani tes yang dikenal dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, UTBK SNBT tak lagi mengujikan mata pelajaran tertentu seperti Soshum, Saintek, atau campuran keduanya.

"Tes ditekankan untuk mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, bukan pada hafalan," terang Tim SNPMB.

Simulasi tes jalur SNBT dari laman resmi SNPMB dapat diakses dengan klik tautan berikut: [Klik di Sini]

3. Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri dilakukan oleh masing-masing kampus sebagaimana tahun sebelumnya. Namun, pihak kampus kini wajib mengumumkan tata cara seleksi pada masyarakat.

Kampus penyelenggara juga harus membuat masa sanggah untuk memberi kesempatan pada calon mahasiswa yang tak puas dengan proses seleksi.

Lebih lengkap lagi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kini menyediakan kanal aduan. Dengan demikian, masyarakat bisa ikut aktif mengawasi proses seleksi mandiri yang berlangsung.

Baca Juga: Kemendikbud: Bantuan KIP Kuliah Bisa untuk PTN dan PTS, Kuliah Gratis sampai Lulus


 

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x