Kompas TV internasional kompas dunia

COVAX PBB Salurkan 1,84 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 ke 92 Negara

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 00:40 WIB
covax-pbb-salurkan-1-84-miliar-dosis-vaksin-covid-19-ke-92-negara
Mekanisme berbagi vaksin global yang didukung PBB, COVAX, hingga saat ini telah menyalurkan 1,84 miliar dosis vaksin Covid-19 ke 92 negara berpendapatan rendah dan menengah, kata Menlu Indonesia Retno Marsudi saat memimpin rapat AMC EG Covax, Rabu (30/11/2022). (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mekanisme berbagi vaksin global yang didukung PBB, COVAX, hingga saat ini telah menyalurkan 1,84 miliar dosis vaksin Covid-19 ke 92 negara berpendapatan rendah dan menengah

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi saat memimpin rapat Advance Market Commitment Engagement Group (AMC EG) COVAX, Rabu (30/11/2022).

Dalam pertemuan yang dipimpin Menlu Retno bersama Menteri Kesehatan Ethiopia dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada itu disebutkan 89,6 persen dari total vaksin tersebut atau 1,65 miliar dosis dikirimkan ke 87 negara anggota AMC seperti disebutkan pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia.

“Rata-rata cakupan vaksinasi negara AMC mencapai 52 persen, atau naik dari 28 persen pada Januari 2022,” kata Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan tertulis mengenai pertemuan yang berlangsung secara daring pada Rabu itu.

Pertemuan COVAX mencatat penurunan tingkat kematian akibat Covid-19 sejak Februari 2022 sebesar hampir 90 persen. Tetapi menekankan perlunya antisipasi terhadap kemungkinan gelombang baru Covid-19 akibat kemunculan dua subvarian baru, yaitu BQ.1 dan XBB.

Seth Brekley selaku CEO Gavi menegaskan bahwa vaksinasi, termasuk suntikan penguat (booster), masih menjadi solusi terbaik untuk menghadapi virus Covid-19 yang terus berevolusi.

Dalam sambutannya, Menlu Retno menyampaikan kontribusi Presidensi G20 Indonesia terhadap penguatan arsitektur kesehatan global, salah satunya pembentukan Pandemic Fund yang akan mendukung pembiayaan kesiapsiagaan negara berpendapatan rendah dan menengah dalam menghadapi pandemi di masa depan.

“Presidensi G20 Indonesia memberikan prioritas tinggi pada penguatan arsitektur kesehatan global,” kata Menlu Retno.

Baca Juga: Vaksinasi di RI Capai 52,3 Persen dari Target, Menlu RI Ucapkan Terima Kasih ke COVAX-GAVI

Vaksin Covid-19 yang didistribusikan COVAX tiba di Abidjan, Pantai Gading, pada 2021. Mekanisme berbagi vaksin global yang didukung PBB, COVAX, hingga saat ini telah menyalurkan 1,84 miliar dosis vaksin Covid-19 ke 92 negara berpendapatan rendah dan menengah. (Sumber: AP Photo/Diomande Ble Blonde)

Selain itu, G20 menyepakati pentingnya kerja sama penguatan kapasitas produksi kesehatan di negara berkembang.

“Prinsipnya, negara berkembang harus menjadi bagian integral dalam rantai pasok kesehatan global,” ujar Retno.

Menlu juga menegaskan meskipun Presidensi G20 Indonesia telah berakhir, komitmen Indonesia terhadap penguatan arsitektur kesehatan global tetap kuat.

“COVAX akan terus menjadi bagian penting dari komitmen ini, khususnya untuk menjembatani ketimpangan vaksinasi Covid-19 antarnegara,” tutur Retno.

Pada 2023, kerja COVAX akan berfokus pada sembilan area prioritas, termasuk di antaranya melanjutkan dukungan vaksinasi dan suntikan booster, serta mendukung riset dan pengembangan vaksin.

Di masa depan, dukungan COVAX akan mulai disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan capaian target vaksinasi, serta tantangan khusus yang dihadapi masing-masing negara, termasuk situasi kemanusiaan.

Pertemuan COVAX AMC EG yang dilakukan secara virtual itu merupakan pertemuan keempat selama 2022, dan menjadi pertemuan terakhir bagi Indonesia sebagai salah satu ketua bersama COVAX AMC EG.


 



Sumber : Kompas TV/Antara/Kementerian luar negeri

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.