Kompas TV nasional politik

Dimulai Pukul 10.00 WIB, Ini Tahapan Uji Kelayakan dan Kepatutan Yudo Margono di DPR Besok

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 19:54 WIB
dimulai-pukul-10-00-wib-ini-tahapan-uji-kelayakan-dan-kepatutan-yudo-margono-di-dpr-besok
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono mengecek pasukan dalam Apel Gelar Kesiapan Pasukan dan Alutsista Pengamanan Laut KTT G20 di Dermaga Koarmada II, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (4/11/2022). (Sumber: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR pada Jumat (2/12/2022). Adapun, kegiatan tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB. 

Baca Juga: Jenderal Andika Doakan Laksamana Yudo Margono Sukses Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan, salah satu rangkaian dari uji kelayakan dan kepatutan itu adalah melakukan verifikasi data Yudo Margono bersama pimpinan Komisi I dan perwakilan dari masing-masing fraksi. 

Setelah jeda, fit and proper test itu akan dimulai kembali pada pukul 13.30 WIB dengan agenda pemaparan visi dan misi Yudo Margono selama 30 menitt. 

Selanjutnya, pendalaman dari masing-masing fraksi tujuh menit dari tiap-tiap fraksi. Nantinya, orang nomor satu di matra angkatan laut itu diberikan kesempatan 20 menit menjawab pertanyaan-pertanyaan dan pendalaman. Setelah itu, tahap pertama selesai.

"Kalau masih ada yang bertanya dilanjut sampai selesai, diakhiri rapat Komisi I memutuskan persetujuan, disetujui atau tidak disetujui," ujar Hasanuddin. 

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, mekanisme dari pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu akan digelar secara terbuka. Namun, bila nanti dalam pemaparan isinya berupa strategi dan sifatnya rahasia akan tertutup.

"Direncanakan dilakukan terbuka, kecuali jika nanti dalam paparan ada yang dianggap bersifat strategi dan rahasia maka bagian tersebut dilakukan tertutup," ujarnya.

Ia menambahkan, rangkaian terakhir dari uji kelayakan dan kepatutan itu adalah mengunjungi kediaman orang nomor satu dari matra angkatan laut tersebut. 

Baca Juga: Besok Komisi I Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

"Lalu direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah Rapat fit and proper test selesai," ujarnya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x