Kompas TV nasional politik

Kebersamaan Yudo Margono dan Andika Perkasa Makin Kentara, Pengamat: Supaya Estafetnya Lebih Mudah

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 19:51 WIB
kebersamaan-yudo-margono-dan-andika-perkasa-makin-kentara-pengamat-supaya-estafetnya-lebih-mudah
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mendukung KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dapat lolos dalam fit and proper test calon panglima TNI, Kamis (1/12/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - KSAL Laksamana Yudo Margono berkesempatan mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat melepas keberangkatan pasukan perdamaian di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/12/2022).

Laksamana Yudo Margono bersama Jenderal Andika Perkasa melepas Satgas Maritime Task Force dalam misi perdamaian dunia di Lebanon.

Menjelang fit and proper test alias uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI yang akan dijalani Laksamana Yudo Margono besok, Jumat (2/12/2022), kedekatannya dengan Andika Perkasa semakin kentara.

Baca Juga: Jenderal Andika Doakan Laksamana Yudo Margono Sukses Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Pengamat militer Anton Aliabbas menilai hal itu menunjukkan adanya hubungan yang harmonis antara pendahulu dan penerusnya. Kebersamaan keduanya lebih intim usai Laksamana Yudo Margono ditunjuk sebagai calon panglima TNI.

Anton berpendapat, hal itu dilakukan agar estafet kepemimpinan panglima TNI lebih mudah. “Hari ini Pak Andika ingin menunjukkan (kebersamaan itu) supaya estafetnya itu lebih smooth. Ini gestur yang baik bahwa adanya kontinuitas, adanya hubungan yang baik untuk dijaga,” kata Anton dalam Kompas Petang, Kamis (1/12/2022).

Tak hanya bersama Andika Perkasa, Laksamana Yudo Margono juga menjalin kebersamaan dengan kepala staf yang lain. Termasuk sebelum Surat Presiden terkait usual calon Panglima TNI diumumkan.

“Memang kelihatannya, KSAL juga membuat momen, ada acara kebersamaan 3 matra, saya pikir itu adalah simbol yang baik yang menunjukkan bahwa siapapun yang akan diberikan mandat, itu akan didukung dengan baik,” ujar Anton.

Baca Juga: Besok Komisi I Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Sebagai informasi, Laksamana Yudo Margono akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan besok Jumat (2/12/2022).


 

etua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan bahwa pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan panglima TNI ini akan digelar secara terbuka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x