Kompas TV regional berita daerah

Mengungsi Akibat Penyerangan KKB Warga Kiwirok Kembali Pulang

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 19:05 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV  Setelah 14 bulan bertahan di lokasi pengungsian, puluhan pengungsi dampak penyerangan KKB, akhirnya dipulangkan ke Kiwirok, Papua Pegunungan. Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang untuk menghidupkan kembali Distrik Kiwirok.

Pemulangan puluhan warga ini dilepas langsung oleh Bupati Pegunungan Bintang, Yan Spei Bidana, didampingi Kapolres, Dandim dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Pegunungan Bintang di halaman Gereja Sion Oksibil.

Untuk tahap pertama, pengungsi yang dipulangkan berjumlah dua puluh orang dan akan menempuh perjalanan darat dari Oksibil menuju Kiwirok selama satu malam.

Setelah itu 30 orang lainnya, yang terdiri dari perempuan dan anak-anak akan menyusul menggunakan pesawat yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang. Sesampainya di Kiwirok mereka akan ditempatkan pada beberapa sekolah sambil menunggu perbaikan rumah.

Komandan Korem 172/PWY, Brigjen Tni Juinta Omboh Sembiring, memastikan akan memberikan jaminan keamanan kepada seluruh warga yang kembali ke Kiwirok, sehingga mereka bisa melakukan aktivitas dengan aman dan tenteram, terutama dapat merayakan natal dan tahun baru di rumah mereka sendiri.

Untuk memulihkan situasi di Kiwirok, pemerintah daerah berharap adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi dan pusat, untuk membangun kembali sarana dan prasarana yang sudah dibakar oleh kelompok bersenjata.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x