Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Rusia Sergei Lavrov Tuduh NATO Kobarkan Ketegangan di Laut China Selatan

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 19:20 WIB
menlu-rusia-sergei-lavrov-tuduh-nato-kobarkan-ketegangan-di-laut-china-selatan
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov hari Kamis, (1/12/2022) menuduh NATO mengobarkan ketegangan di dekat China dengan cara yang menimbulkan risiko bagi Rusia. (Sumber: Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

MOSKOW, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov hari Kamis, (1/12/2022) menuduh NATO mengobarkan ketegangan di dekat China dengan cara yang menimbulkan risiko bagi Rusia.

Sergei Lavrov juga menuduh NATO mencoba menyeret India ke dalam aliansi anti-Rusia dan China.

"Laut China Selatan sekarang menjadi salah satu wilayah di mana NATO tidak menahan diri, seperti yang pernah mereka lakukan di Ukraina, untuk meningkatkan ketegangan," kata Lavrov dalam konferensi pers seperti laporan Straits Times, Kamis, (1/12/2022)

“Kami tahu betapa seriusnya China melakukan provokasi semacam itu, belum lagi Taiwan dan Selat Taiwan, dan kami memahami NATO bermain api di wilayah ini, membawa ancaman dan risiko bagi Federasi Rusia. (Ketegangan) itu sama dekatnya dengan pantai dan laut kita Rusia dan China,” kata Lavrov.

Lavrov mengatakan itu sebabnya Rusia mengembangkan kerja sama militer dengan China dan melakukan latihan bersama.

“Fakta bahwa anggota NATO di bawah kepemimpinan Amerika Serikat berusaha menciptakan situasi eksplosif di sana, setelah Eropa, dipahami dengan baik oleh semua orang,” katanya.

Lavrov tidak memberikan bukti untuk mendukung pernyataannya, tetapi menyinggung pembentukan aliansi AUKUS antara Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Baca Juga: Menlu Rusia Sergey Lavrov Dikabarkan Masuk RS Saat Tiba di Bali Jelang KTT G20

Klaim yang dibuat sejumlah negara atas kepemilikan wilayah perairan di Laut China Selatan. (Sumber: Kementerian Luar Negeri AS via Al Jazeera)

Dia juga menuduh NATO mencoba menyeret India ke dalam apa yang dia sebut sebagai aliansi anti-Rusia dan anti-China pada saat dia mengatakan bahwa Barat sedang berusaha untuk menekan pengaruh Rusia. Selain itu, dia mengklaim Amerika Serikat berusaha menumbangkan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ASEAN.

Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan Washington dan aliansi NATO terlibat dalam perang Ukraina karena mereka memasok senjata ke Ukraina dan memberikannya pelatihan militer di wilayah mereka.

Namun, Moskow siap mendengarkan jika ada yang ingin mengadakan pembicaraan tentang Ukraina, katanya, menambahkan tuduhan Ukraina tidak masuk akal, bahwa Rusia menginginkan pembicaraan untuk mendapatkan waktu konsolidasi pasukan dan membangun kembali angkatan bersenjatanya.

Dia mengatakan Rusia juga akan bersedia untuk kembali ke pembicaraan dengan Barat jika berubah pikiran tentang manfaat membahas proposal keamanan yang diajukan Moskow pada bulan Desember.

Lavrov juga menuduh bahwa masalah besar telah menumpuk di Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa OSCE, menuduh Barat menolak kesempatan untuk menjadikan OSCE jembatan nyata dengan Rusia setelah Perang Dingin.

Dia memberikan daftar panjang keluhan Rusia terhadap Barat, dengan mengatakan "perbesaran sembrono" NATO telah mendevaluasi prinsip-prinsip dasar OSCE.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x