Kompas TV regional berita daerah

Babinkamtibmas Dilatih Tangani Ular

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 17:44 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Ratusan Babinkamtibmas dari seluruh Polsek di Kabupaten Madiun, ikuti pelatihan cara penanganan jika menemui ular. Hal ini sebagai antisipasi jika sewaktu waktu ada ancaman atau menjumpai ular, sehingga dapat melakukan penanganan secara mandiri.

Ratusan Babinkamtibmas dari seluruh jajaran Polsek di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mendapatkan sosialisasi tentang penanganan jika menjumpai ular diwilayah tugasnya. Sosialisasi oleh tim relawan penyelamat ular Exalos ini, dirasa penting mengingat tugas babinkamtibmas sebagai pelayan masyarakat di wilayah desa.

Para anggota Babinkamtibmas yang berjumlah 179 orang ini, tampak begitu semangat mengikuti jalannya pelatihan. Tak sedikit dari para Babinkamtibmas yang berani bersentuhan langsung dengan hewan melata ini. Tak sedikit juga yang merasa geli, namun setelah mengetahui jenis jenis ular mereka pun akhirnya berani bersentuhan langsung dengan ular.

Selain tata cara penanganan, mereka juga diajarkan tentang jenis ular berbisa dan yang tidak berbisa, serta mengetahui tingkat keagresifan masing - masing jenis ular. Sehingga, nantinya dapat menjadi bekal bagi para babinkamtibmas untuk melakukan tindakan yang aman, jika sewaktu waktu ada aduan tentang temuan ular dari masyarakat.

Sejumlah jenis ular yang diperkenalkan, mulai ular kobra, ular hijau, weling, hingga ular piton. Diharapkan apa yang telah disosialisasikan ini, dapat diajarkan langsung ke masyarakat, dan pesan pentingnya yaitu mencegah konflik dengan ular dan untuk tetap selalu menjaga kelestarian ekosistem ular.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x