Kompas TV nasional hukum

Hakim Marah, Saksi Radite Ganti Keterangan dan Cabut BAP untuk Terdakwa Hendra Kurniawan

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:33 WIB
hakim-marah-saksi-radite-ganti-keterangan-dan-cabut-bap-untuk-terdakwa-hendra-kurniawan
HHakim Ahmad Suhel marahi saksi AKBP Radite Hernawa karena mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) terkait keterangan soal surat perintah penyelidikan tewasnya Brigadir J yang melibatkan anggota Polri. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hakim Ahmad Suhel marahi saksi AKBP Radite Hernawa karena mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) terkait keterangan soal surat perintah penyelidikan tewasnya Brigadir J yang melibatkan anggota Polri.

“Pertanyaannya menjadi begini kepada saudara, saudara mencabut itu karena apa,” tanya Hakim Ahmad Suhel kepada Radite Hernawa, saksi dari Divisi Paminal Propam Polri dalam sidang obstruction of justice di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (1/12/2022).

Radite menuturkan dirinya mencabut keterangan karena di persidangan ditunjukkan surat perintah penyelidikan tewasnya Brigadir J yang melibatkan anggota Polri.

“Dalam persidangan ditunjukkan adanya surat perintah” jawab Radite Hernawa.

“Pada saat saudara ditanya itu, itu muncul tidak,” tanya Hakim Ahmad Suhel.

“Tidak ada,” ucap Radite Hernawa.

Baca Juga: Dicecar Henry Yosodiningrat, Radite Hernawa Cabut Keterangan di BAP soal Sprindik Pembunuhan Yosua

“Pada saat tidak ada itu, benar tidak keterangan saudara pada saat itu?” tanya Hakim Ahmad Suhel.

“Tidak,” jawan Radite.

“Makanya itu tadi, jangan kemudian jadi ada dua fakta, pada saat itu benar, sekarang dimunculkan pada saatnya, pada saat ini benar, kan begitu. Data yang saudara terima ya pada saat itu, data yang sekarang diterima ya inilah dia,” ujar Hakim Ahmad Suhel.


 

Merasa tidak puas, Hakim Ahmad Suhel lalu bertanya apa dasarnya Radite menyatakan keterangan yang lama tidak benar.

“Dasarnya apa, karena munculnya ini, ini baru keluar pada saat saudara menjadi saksi ini, kalau dari awal sudah dikeluarkan dia tidak akan muncul pendapat itu tadi untuk mencabut,” ucap Hakim Ahmad Suhel.

Sebelumnya, Radite Hernawa, anggota Divisi Propam Polri bagian Informasi dan Teknologi mencabut keterangannya dalam berita acara pemeriksaan (BAP) soal surat perintah penyelidikan.

Baca Juga: Pengacara Agus Nurpatria Ragukan Keabsahan Saksi Sidang, AKBP Radite: Ini Perintah Pimpinan

Dalam BAP, Radite Hernawa mengaku tidak tahu ternyata ada surat perintah penyelidikan untuk kasus tewasnya Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat.

“Keterangan saudara dalam berita acara pemeriksaan yang dilakukan penyidik, sebagaimana saya bacakan tadi, bahwa tidak sesuai dengan ini, setelah kami perlihatkan sprin itu, ditandatangani oleh terdakwa, saudara menerangkan bahwa terdakwa mempunyai wewenang untuk menandatangani itu,” ucap Henry Yosodiningrat.

“Bahkan saya perlihatkan lagi, ada salah atau tidak di dalam sprin itu, saudara katakan tidak. Artinya keterangan saudara yang di sini (BAP) sudah saudara cabut, karena berbeda,” ujar Henry Yosodiningrat.

Namun, Radite Hernawa yang mendengar pernyataan Henry Yosodiningrat terlihat hanya diam sampai penasihat hukum Hendra Kurniawan tersebut kembali bertanya.

“Gimana? Karena kalau saudara tetap dengan ini, tadi sudah kami perlihatkan surat itu, keterangan saudara menjadi berbeda. Tadi saudara katakana, saya memberi jawaban ini karena belum pernah melihat itu karena tidak tahu,” kata Henry Yosodiningrat.

Baca Juga: Martin: Ricky Ingin Tabrakan Mobil yang Ditumpangi Brigadir J Berkorelasi dengan Niat Jahat Sambo

“Betul,” ujar Radite Hernawa dengan pelan.

“Sekarang setelah melihat, pertanyaan saya apakah saudara masih tetap dengan keterangan ini (BAP),” tanya Henry Yosodiningrat.

“Tidak,” ucap Radite Hernawa.

“Berarti keterangan ini saudara cabut?” tanya Henry Yosodiningrat.

“Siap,” jawan Radite Hernawa.

“Yang saudara benarkan keterangan yang di muka sidang?” tanya Henry Yosodiningrat.

“Siap,” ujar Radite Hernawa.

“Terima Kasih,” kata Henry Yosodiningrat.

Baca Juga: Eliezer: Putri Candrawathi Setuju dengan Skenario Ferdy Sambo Tembak Brigadir J di Duren Tiga

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Update

The Fed Naikkan Suku Bunga, Apa Dampaknya?

Kamis, 9 Februari 2023 | 16:45 WIB
Close Ads x