Kompas TV entertainment selebriti

Pernikahan Kaesang-Erina Gudono: 28 Ekor Kuda Disiapkan untuk Tarik 12 Kereta Kencana

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:34 WIB
pernikahan-kaesang-erina-gudono-28-ekor-kuda-disiapkan-untuk-tarik-12-kereta-kencana
Gladi kotor kirab penikahan Kaesang-Erina Gudono di Solo, Jawa Tengah, Senin (28/11/2022). Rombongan berjalan dari Loji Gandrung menuju ke Pendopo Pura Mangkunegaran, Solo. (Sumber: Kompastv/WIDI NUGROHO )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV – Sebanyak 28 ekor kuda rencananya akan digunakan dalam acara kirab perkawinan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono, di Solo, Jawa Tengah, pada 11 Desember 2022.

Kuda-kuda tersebut akan menarik 12 kereta kencana yang membawa mempelai dan keluarga dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran, Solo.

“Rencana nanti ada 28 kuda dan kereta kencananya 12. Ada satu kereta nanti pakai enam kuda yakni kereta pengantin,” jelas Mudjiono, pemilik kuda, seperti dilaporkan jurnalis KOMPAS TV, Widi Nugroho, Senin (28/11/2022) lalu.

Terkait hal ini, pihak panitia bersama TNI dan Polri sebelumnya pada Senin telah menggelar gladi kotor serta simulasi dengan menggunakan enam kereta kencana dan 12 kuda. Rombongan berjalan menuju ke Pendopo Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Simulasi Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, dari Kirab Kereta Berkuda Hingga Adat Ngunduh Mantu

Simulasi dan gladi kotor dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota Solo atau Loji Gandrung. Kedua mempelai nantinya akan menjalani acara adat ngunduh mantu dan dilanjutkan kirab kereta berkuda.

Adapun kuda-kuda yang akan digunakan dalam kirab pengantin Kaesang-Erina disiapkan oleh Mudjiono, warga Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

Pria yang akrab disapa Muji ini diketahui menjalankan usaha peternakan kuda di wilayah Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan.

Ia mengaku tidak ada persiapan khusus karena sudah berpengalaman di bidang ini.

Pada hari H yaitu Minggu, 11 Desember 2022, kereta kuda akan berjalan membawa kedua mempelai, keluarga, dengan pengawalan ketat pasukan pengamanan presiden.

Sepanjang jalan rombongan akan melintasi arena hari bebas kendaraan atau car free day yang pasti terdapat sejumlah kegiatan masyarakat.
 


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Update

The Fed Naikkan Suku Bunga, Apa Dampaknya?

Kamis, 9 Februari 2023 | 16:45 WIB
Close Ads x