Kompas TV nasional peristiwa

Senin Depan, Jokowi Bakal Serahkan Langsung Bantuan Perbaikan Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 13:46 WIB
senin-depan-jokowi-bakal-serahkan-langsung-bantuan-perbaikan-rumah-rusak-akibat-gempa-cianjur
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan secara langsung bantuan dana ganti rugi untuk perbaikan rumah bagi korban bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, pada Senin pekan depan (5/12/2022).   (Sumber: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan secara langsung bantuan dana ganti rugi untuk perbaikan rumah bagi korban bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, pada Senin pekan depan (5/12/2022). 

Adapun bantuan dana tersebut diperuntukkan bagi para korban gempa Cianjur yang rumahnya rusak mulai dari rusak ringan, sedang, hingga berat.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

"Ganti rugi nanti insya Allah hari Senin Bapak Presiden akan menyerahkan bantuan. Langsung. Untuk perbaikan rumah, mulai dari rumah (rusak) ringan, sedang, berat," kata Muhadjir.

"Yang sudah terverifikasi untuk rombongan pertama ini sekitar 8.000 yang nanti akan diserahkan langsung oleh Bapak Presiden."

Muhadjir mengatakan, pemberian bantuan secara langsung oleh Jokowi ini, sekaligus untuk memberikan semangat kepada para korban gempa agar lekas pulih dan bangkit dari bencana.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan masyarakat dapat bangkit, khususnya di sektor ekonomi.

"Ini kan karena untuk segera menggairahkan masyarakat. Kan kalau masyarakat sudah dapat langsung dari Pak Presiden, kita harapkan masyarakat segera tidak merasa kondisinya bencana lagi, tetapi sudah mulai hidup, terutama dari sektor ekonomi kan tidak boleh berlama-lama," jelasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, hingga kini pemerintah masih melakukan verifikasi kerusakan rumah warga yang rusak akibat gempa.

Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur 30 November: 328 Orang Meninggal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x