Kompas TV entertainment lifestyle

Mengenal Sosok Jerry lawson, Pelopor Gim yang jadi Google Doodle Hari Ini

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:33 WIB
mengenal-sosok-jerry-lawson-pelopor-gim-yang-jadi-google-doodle-hari-ini
Google Doodle hari menampilkan sosok Gerald Jerry Lawson yang sedang memainkan game. (Sumber: Tangkapan layar google)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-82 Gerald Jerry Lawson yang sedang bermain video game.

Apabila gambar itu diklik, maka akan muncul beberapa game yang bisa dimainkan. Dalam video game itu, disebutkan mengenai profil singkat dari Jerry Lawson.

Lantas, siapa sebenarnya Jerry Lawson?

Lawson merupakan seorang ‘bapak game modern’ yang memelopori video game dan salah satu dari sedikit insinyur kulit hitam yang bekerja di industri teknologi pada 1970-an.

Dalam biografinya, Lawson yang lahir di Brooklyn, New York tahun 1940 ini membantu pengembangan sistem konsol video game rumahan berbasis cartridge pertama.

Dengan mengidolakan George Washington Carver, Lawson kemudian mencoba-coba elektronik saat tumbuh dewasa. Ia memperbaiki televisi untuk menghasilkan sedikit uang dan bahkan membuat stasiun radionya sendiri menggunakan komponen daur ulang sebelum mendaftar ke Queens College, bagian dari University of New York City.

Baca Juga: Angklung di Google Doodle Hari Ini, Alat Musik yang Dipakai untuk Menarik Perhatian Dewi Padi

Ketertarikannya pada komputasi membawanya masuk dalam klub komputer Homebrow Silicon Valley pada 1970-an.

Lawson menjadi satu-satunya anggota kulit hitam saat itu. Di klub tersebut, ia bertemu dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x