Kompas TV nasional peristiwa

Perang Tuding Ferdy Sambo-Hendra vs Kabareskrim Imbas Nyanyian Ismail Bolong

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 07:15 WIB
perang-tuding-ferdy-sambo-hendra-vs-kabareskrim-imbas-nyanyian-ismail-bolong
Nyanyian Ismail bolong menyerat jenderal dan eks jenderal Polri  (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Imbas nyanyian Ismail Bolong soal dugaan tambang ilegal dan dugaan setoran ke perwira tinggi Polri membuat mantan jenderal polisi menuding jenderal polisi aktif lainnya. 

Tudingan dialamatkan kepada jenderal polisi aktif, yakni Bareskrim Komjen Agus Andrianto. 

Sementara yang menuding adalah eks Jenderal Bintang satu, mantan Kepala Biro Paminal Divisi Propam Polri Hendra Kurniawan dan eks jenderal bintang dua Polri, bekas Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo dan Hendra Kurniawan kompak membenarkan soal penyelidikan tambang ilegal di Kalimantan Timur, serta ada dugaan setoran uang ke Kabareskrim. 

Ferdy Sambo bahkan di sela persidangan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J mengatakan, jika memang kasus dugaan dana tambang illegal yang mengalir ke Bareskrim Polri tidak diselidiki sebaiknya diserahkan ke instansi lain.

“Kalau misalnya akan ditindaklanjuti silakan tanyakan kepada pejabat berwenang atau kasih ke instansi lain untuk melakukan penyelidikan, kan gitu,” ujar Ferdy Sambo yang menjadi salah satu terdakwa pembunuhan Brigadir J disela-sela persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, dikutip dari pemberitaan Kompas TV. 

Baca Juga: Hendra Kurniawan soal Kabareskrim Terlibat Dana Tambang Ilegal Ismail Bolong: Faktanya Begitu

Sedangkan beberapa hari sebelumnya, terdakwa Hendra Kurniawan sesaat sebelum masuk ruang sidang kasus perintangan penyidikan atau obstruction of justice pembunuhan Brigadir J di PN Jakarta Selatan, Kamis (24/11), juga angkat bicara.

Menurut Hendra Kurniawan, dugaan setoran dari dana tambang ilegal di Kalimantan Timur ke Kabareskrim Komjen Agus Andrianto itu fakta. 

“Betul-betul (perihal surat laporan hasil penyelidikan dana tambang illegal mengalir ke Kabareskrim Polri-red),” ucap Hendra dalam wawancaranya dengan jurnalis Kompas TV Masni Rahmawatti.

“Tanyakan pada pejabat yang berwenang aja ya. Kan ada datanya, enggak fiktif (ikut memeriksa petinggi Polri yang diduga terlibat kasus tambang ilegal),” kata Hendra Kurniawan.

“(Soal dugaan keterlibatan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto -red) Ya kan sesuai faktanya begitu.”

Baca Juga: Sempat Mangkir, Ismail Bolong Diperiksa Bareskrim Polri soal Dugaan Tambang Hari Ini

Kabareskrim Melawan 

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto tak tinggal diam dan angkat bicara soal dugaan kasus yang menyerat namanya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x