Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sempat Dapat Investasi dari Jeff Bezos, Startup Ula PHK 134 Karyawan

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 05:54 WIB
sempat-dapat-investasi-dari-jeff-bezos-startup-ula-phk-134-karyawan
Ilustrasi PHK. Sempat mendapat pendanaan dari Jeff Bezos, kini Ula mem-PHK 134 pegawainya (1/12/2022). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Badai PHK di startup di Indonesia terus berlanjut. Kali ini, startup Ula yang sempat menerima pendanaan dari CEO Amazon Jeff Bezos, mem-PHK 134 karyawannya. Jumlah itu setara 23 persen dari total seluruh karyawan yang tersebar di berbagai lokasi.

"Kami mohon maaf apabila kalian adalah salah satu dari yang terkena dampak dari keputusan ini, dan kami ingin kalian tahu bahwa keputusan ini bukanlah merupakan refleksi dari hasil kerja kalian selama ini," demikian pengumuman dari manajemen Ula di laman resminya, dikutip Senin (1/12/2022).

Manajemen Ula menjelaskan, awalnya peluncuran Ula pada bulan Januari 2020 disambut dengan pertumbuhan yang pesat, serta minat para investor sepanjang tahun 2020 dan 2021. Bahkan Ula telah mengembangkan timnya di tiga negara.

Namun di tahun 2022 ini ketika situasi Covid-19 sudah membaik, seperti banyak startup lainnya, Ula mulai dihadapi berbagai tantangan. Terrmasuk turbulensi pasar, ketidakstabilan harga komoditas, terbatasnya pasokan, perubahan peraturan, dan tingginya kenaikan harga minyak mentah. 

Baca Juga: Jeff Bezos Investasi ke Startup Indonesia Pemasok Barang ke Warung

Perusahaan pun telah berusaha melakukan berbagai inisiatif untuk menghadapi tantangan ini dengan mengurangi biaya operasi, meningkatkan efektivitas penjualan, merubah kebijakan perjalanan, dan menghemat biaya penggunaan server.

 "Meski demikian, tanpa bisa dihindari kami tetap harus beradaptasi dengan realita saat ini, dan berfokus pada profitabilitas. Keputusan berat hari ini berawal dari kebutuhan tersebut," tulis pihak Ula. 

"Selanjutnya, dalam waktu dekat kami akan merampingkan portofolio bisnis dan basis pelanggan Ula. Kami perlu membangun kemampuan monetisasi dan bisnis baru dengan margin yang lebih besar," lanjutnya. 

Pendanaan dari Jeff Besok yang merupakan orang terkaya ketiga di dunia saat ini, masuk ke Ula pada Oktober 2021. 

Baca Juga: Alasan Startup Ajaib Lakukan PHK hingga Founder Tak Terima Gaji

Bezos menanamkan uangnya lewat perusahaan Bezos Expeditions bersama investor besar lainnya seperti Proses Ventures, Tencent, B-Capital, dan Northstar Pacific dengan total nilai investasi sebesar 87 juta dollar AS.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x