Kompas TV regional peristiwa

Irjen Daniel Silitonga Perintahkan Anak Buahnya Tindak Tegas Aksi 1 Desember di Papua Barat

Kompas.tv - 1 Desember 2022, 05:45 WIB
irjen-daniel-silitonga-perintahkan-anak-buahnya-tindak-tegas-aksi-1-desember-di-papua-barat
Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Polisi Daniel TM Silitonga. (Sumber: ANTARA/Hans Arnold Kapisa)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

MANOKWARI, KOMPAS.TV - Kapolda Papua Barat Irjen Daniel TM Silitonga memerintahkan seluruh jajaran kepolisian di tingkat polres mengambil tindakan tegas terhadap aksi dari kelompok tertentu pada 1 Desember 2022.

Irjen Daniel memerintahkan demikian kepada anak buahnya karena aksi pada 1 Desember tersebut berpotensi mengganggu ketertiban umum.

Baca Juga: Kapolda Papua Barat Himbau Satu Desember Harus Diwarnai Dengan Kegiatan Positif

Karena itu, ia pun mengarahkan jajaran polres agar meningkatkan pengamanan di masing-masing wilayah untuk mencegah terjadinya aksi yang bertentangan dengan ideologi negara Indonesia.

"Jika ada aksi dari kelompok-kelompok tertentu yang berpotensi mengganggu ketertiban umum, akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku," kata Kapolda Papua Barat melalui keterangan resminya di Manokwari, Rabu (30/11/2022) malam.

Daniel mengakui bahwa di Tanah Papua, termasuk Papua Barat, masih ada kelompok-kelompok tertentu yang memandang 1 Desember sebagai hari bersejarah mereka.

"Saya mengimbau kepada masyarakat Papua Barat, agar tidak ikut-ikutan dalam kegiatan yang melanggar aturan dan mengarah pidana, karena pelanggar akan ditindak tegas. Ini perintah," ujar Kapolda.

Baca Juga: Kapolda Papua Barat Minta Maaf ke Pangdam Kasuari gara-gara Ulah Anak Buah Jilat Kue Ultah untuk TNI

Oleh karena itu, Kapolda Papua Barat mengajak tokoh masyarakat, adat, pemuda, dan tokoh pemuda perempuan agar mengajak para pengikutnya bersama-sama menjaga situasi kondusif di wilayah Papua Barat.

"Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan diimbau tidak terprovokasi dengan berbagai ajakan atau isu tentang 1 Desember. Mari wujudkan kedamaian di Tanah Papua Barat ini," kata Daniel.

Lebih lanjut, Daniel meminta kepada masyarakat apabila menemukan kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan aturan hukum di NKRI, agar segera melaporkan ke nomor pengaduan cepat 110 atau melapor ke kantor kepolisian terdekat.

Pada kesempatan terpisah, Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom mengatakan pada 1 Desember, Polres Manokwari menurunkan ratusan personel untuk melakukan pengamanan di sejumlah titik lokasi yang sudah dipetakan.

Baca Juga: Satgas Yonif RK 136/TS Rajut Kearifan Tarian dan Kerajinan Asli Papua Barat

"Personel Polres Manokwari sudah dikerahkan untuk meningkatkan patroli dan pengamanan di beberapa tempat yang berpotensi terjadi gangguan keamanan," ujar Kapolres Manokwari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x