Kompas TV olahraga sepak bola

Pelatih Borussia Dortmund Puji Kemenangan Vietnam, Sinyal Bahaya bagi Lawan di Piala AFF 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:30 WIB
pelatih-borussia-dortmund-puji-kemenangan-vietnam-sinyal-bahaya-bagi-lawan-di-piala-aff-2022
Nguyen Tien Linh (tengah) merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund dalam kemenangan 2-1 Vietnam, Rabu (30/11/2022). (Sumber: VFF)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

HANOI, KOMPAS.TV - Vietnam berhasil menumbangkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1 dalam laga uji coba yang digelar di Stadion My Dinh, Rabu (30/11/2022). 

Dortmund sendiri memang sedang melakoni tur ke Asia Tenggara untuk mengisi jeda Piala Dunia 2022.

Sebelum melawan Vietnam, tim Bundesliga itu berhasil meraih kemenangan besar atas klub Singapura Lion City Sailors (7-2) dan raksasa Malaysia Johor Darul Takzim (4-1). 

Dortmund pun tampaknya akan kembali mudah memenangkan pertandingan saat mereka berhasil unggul di menit 13 lewat kaki Donyell Malen. 

Akan tetapi Vietnam yang tampil di hadapan puluhan ribu pendukungnya bisa menyamakan kedudukan di menit 31 lewat gol dari Nguyen Tien Linh memanfaatkan bola rebound

Tim racikan Park Hang-seo itu pun kemudian berbalik memimpin tepat di menit terakhir babak kedua lewat eksekusi penalti Pham Tuan Hai yang sekaligus memastikan kemenangan 2-1 untuk Vietnam. 

Seusai pertandingan, pelatih Dortmund Edin Terzic mengucapkan selamat dan memuji permainan luar biasa yang ditunjukkan oleh Vietnam. 

"Selamat kepada Vietnam atas kemenangannya. Kalian menjalani malam yang luar biasa," kata pelatih Terzic dalam konferensi pers usai pertandingan dikutip dari VN Express

Baca Juga: Park Hang-seo Tak Ingin Melatih Lagi di Vietnam dan Korea Selatan, Buka Peluang ke Indonesia?

Terzic sendiri mengaku kecewa dengan hasil yang didapatkan Dortmund. Tapi dia mengucapkan terima kasih atas sambutan yang didapatkan timnya selama di Vietnam. 

"Setelah membuka skor, kami terus menciptakan banyak peluang tetapi gagal. Dan kemudian kami harus menerima penalti di akhir babak kedua. Itu gila. Kami kalah dan saya kecewa karenanya," tuturnya. 

"Bagaimanapun, kami bersenang-senang di Vietnam. Orang-orang di sini hebat, mereka menyambut Dortmund dengan hangat. Semoga kami memiliki kesempatan untuk kembali," ucap Terzic. 

Sementara itu, pelatih Vietnam Park Hang-seo senang dengan kemenangan yang diraih timnya. 

Menurut juru latih asal Korea Selatan itu, meski hanya bertajuk laga persahabatan, kemenangan wajib diraih karena membawa nama tim nasional. 

"Tidak bisa dikatakan hasil tidak penting dalam pertandingan ini. Kami adalah tim nasional, kami harus bermain untuk menjaga citra kami,"  tegasnya. 

Kemenangan Vietnam atas tim Bundesliga ini tentu menjadi sinyal bahagia bagi para pesaing di ajang Piala AFF 2022.

Vietnam yang di Piala AFF edisi sebelumnya tersingkir di babak semifinal memberi pesan bahwa mereka siap untuk mengejar gelar juara di turnamen tahun ini. 

Pada Piala AFF 2022, Vietnam tergabung di Grup B dan akan bersaing dengan Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos. 

Baca Juga: Pamit ke Bobotoh, Marc Klok Optimistis Raih Gelar di Piala AFF 2022


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x