Kompas TV regional peristiwa

Pilot Helikopter yang Jatuh di Bangka Belitung Diperkirakan Masih di Kokpit Terikat Safety Belt

Kamis, 1 Desember 2022 | 04:05 WIB
pilot-helikopter-yang-jatuh-di-bangka-belitung-diperkirakan-masih-di-kokpit-terikat-safety-belt
Helikopter polri berwarna putih biru bernomor P-1103 yang hilang kontak di perairan Buku Limau, Manggar. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - AKP Arif Rahman Saleh, pilot Helikopter NBO-105 Polri yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, diperkirakan masih berada di dalam kokpit.

Ketua Pelaksana SAR Helikopter NBO-105 Polri Kombes Hendrawan mengatakan pihaknya menduga Arif Rahman masih terikat safety belt.

Baca Juga: Jenazah Briptu Lasminto Ditemukan, Ini 3 Metode Tim Sar Cari Kru Helikopter yang Jatuh di Belitung

"Kami menduga memang masih berada di dalam badan pesawat terikat safety belt," kata Hendrawan saat menyampaikan keterangan persnya pencarian di Posko Pelabuhan ASDP Manggar, Rabu (30/11/2022).

Hendrawan menjelaskan, ada dua asumsi yang menjadi dugaan pihaknya terkait keberadaan AKP Arif Rahman yang hingga saat ini belum ditemukan.

Pertama, pilot Helikopter NBO-105 Polri tersebut masih berada di dalam kokpit. Sedangkan asumsi kedua, pilot tersebut telah mengapung dan terbawa arus laut.

"Kalau sudah mengapung, kami terus melakukan pencarian dan penelusuran untuk menemukan kondisi pilot," ujar Hendrawan.

Baca Juga: Kesaksian Warga soal Aipda Joko, Korban Helikopter Jatuh: Tidak Membeda-bedakan Kalau Jadi Polisi

Dia menegaskan, tim SAR terus berupaya mencari keberadaan pilot Helikopter NBO-105 Polri, AKP Arif Rahman Saleh, pada hari keempat pencarian.

Sampai saat ini, masih tersisa satu dari empat kru Helikopter NBO-105 yang belum ditemukan yakni pilot AKP Arif Rahman Saleh.

"Kami belum menemukan posisi atau keberadaan pilot AKP Arif Rahman Saleh yang mengalami insiden kecelakaan ini," ujarnyam

Kombes Hendrawan menambahkan, pihaknya terus memaksimalkan operasi pencarian dan penyelamatan Helikopter NBO-105 Polri di tengah keterbatasan waktu yang ada.

Baca Juga: Cerita Keluarga Aipda Joko Cemas Helikopter Jatuh, Hanya Bisa Pasrah dan Siapkan Pemakaman

Operasi SAR Helikopter NBO-105 Polri pada hari keempat dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 16.20 WIB.

"Pada hari ini kami dibantu oleh TNI AL untuk melakukan penginderaan bawah laut untuk menentukan letak posisi pesawat," ujarnya.

Selain menggunakan kapal laut, tim SAR juga memaksimalkan pencarian melalui udara menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara dan kepolisian.

"Besok pencarian dilanjutkan kembali untuk mencari satu jenazah atas nama AKP Arif Rahman Saleh," ucap Hendrawan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkal Pinang I Made Oka Astawa juga memperkirakan pilot Helikopter NBO-105 Polri masih berada di dalam kokpit.

Baca Juga: Kapolri Ungkap Faktor Cuaca Jadi Penyebab Helikopter Jatuh di Perairan Bangka Belitung

"Ada dua kemungkinan untuk penemuan target (pilot), pertama target masih bersama pesawat karena mungkin safety belt tidak ada kesempatan untuk dibuka atau sudah terlepas dari badan pesawat dan berada di permukaan, sehingga kami akan terus memaksimalkan pencarian," ujar Astawa.


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Usai Nasdem, Giliran Petinggi PKS Temui Golkar

Selasa, 7 Februari 2023 | 23:01 WIB
Close Ads x