Kompas TV nasional peristiwa

Kuasa Hukum Sebut Ricky Rizal Yakin Richard Eliezer juga Korban Sambo

Kompas.tv - 30 November 2022, 20:37 WIB
kuasa-hukum-sebut-ricky-rizal-yakin-richard-eliezer-juga-korban-sambo
Kuasa hukum Bripka Ricky Rizal, Erman Umar (kiri) dan kuasa hukum Bharada Richard Eliezer, Ronny Talapessy (tengah) saat menyampaikan keterangan dalam siaran Kompas TV, Rabu (30/11/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Erman Umar selaku Kuasa hukum Ricky Rizal, menyebut kliennya meyakini bahwa terdakwa lain pembunuhan Brigadir Yosua, yakni Richard Eliezer juga merupakan “korban” mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Komentar tersebut merujuk peran Richard Eliezer sebagai eksekutor pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Lebih lanjut, Erman menyebut tim penasihat hukum Ricky Rizal merasa tidak ada keterangan Richard Eliezer yang memberatkan kliennya.

Eliezer diketahui menjadi saksi dalam sidang Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf, Rabu (30/11/2022).

“Ricky juga merasa bahwa Richard adalah korban juga, karena kan pertama dia yang diminta (membunuh Yosua),” kata Emran dalam program Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Rabu (30/11/2022).

“Mungkin karena dia (Ricky) lebih mengetahui Sambo bagaimana, dia mempunyai kemampuan mengatakan tidak. Mereka berdua (Ricky dan Eliezer) merasa menjadi korban,” lanjutnya.

Baca Juga: [FULL] Keterangan Richard Eliezer dalam Sidang Pemeriksaan Saksi Ricky Rizal dan Kuat Maruf

Eliezer bersaksi bahwa Ricky Rizal berperan mengamankan senjata Brigadir J sejak dari Magelang hingga perjalanan ke Jakarta. Ricky Rizal mengamankan senjata Yosua menjelang aksi pembunuhan terjadi.

Selain itu, Eliezer juga menyatakan bahwa Ricky Rizal sempat bilang kepadanya hendak menabrakkan mobil di sisi Yosua. Ricky Rizal diketahui satu mobil dengan Yosua di perjalanan Magelang-Jakarta.

Di lain pihak, mengenai pengamanan senjata, Erman menyebut kliennya melakukan hal tersebut karena pertengkaran antara Kuat Ma’ruf dan Yosua di Magelang.


 

Sebagai senior, Ricky Rizal pun berinisiatif mengamankan senjata untuk mencegah pertengkaran lebih lanjut.

"Tidak ada seorang pun yang meminta dia mengamankan senjata itu, misalnya (Ferdy) Sambo atau Ibu PC (Putri Candrawathi). Inisiatif dia sendiri aja,” kata Erman.

Erman menambahkan, kliennya membantah kesaksian Eliezer bahwa ia sempat berniat menabrakkan mobil. Penjelasan lebih mendalam mengenai tuduhan ini disebut akan disampaikan dalam kesempatan berikutnya.

Kuasa hukum Richard Eliezer, Ronny Talapessy menyebut kliennya mendengar niat menabrakkan mobil dari Ricky Rizal beberapa hari usai pembunuhan. Terkait kejadian ini, Ronny menyebut biarlah hakim yang menilai.

Lebih lanjut, Ronny menyatakan bahwa hubungan antarajudan Sambo, termasuk antara Eliezer dan Yosua, baik-baik saja sebelum pembunuhan.

"Sebelumnya baik-baik saja, karena ada kejadian di Magelang, suasananya menjadi tegang. Diterangkan oleh klien saya, begitu kembali ke Jakarta, mereka di dalam mobil itu tegang,” kata Ronny.

Baca Juga: Diminta Eksekusi Yosua, Eliezer yang Kalut dan Lapar Berdoa di Toilet



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x