HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / feature / food story

Kuliner Arek Suroboyo - FOOD STORY (3)

Kamis, 8 November 2018 | 17:20 WIB

Pada episode kali ini Benoe akan menjelajah dan mencicipi kuliner di Kota Surabaya. Salah satu hidangan yang identik dengan Jawa Timur adalah Rawon. Benoe mau mencicipi Rawon Dengkul dan Rawon Iga khas Rawon Nguling. Benoe juga mau mencoba menikmati Rawon ala Banyuwangi yang dicampur dengan Pecel, yaitu Pecel Rawon.

Surabaya juga punya beragam hidangan berbahan Lontong. Bergeser ke Sidoarjo, ada sentra sajian Lontong Kupang. Kupang adalah sejenis kerang berukuran kecil, yang bisa ditemukan di lumpur air asin atau pinggir pantai. Selain Lontong Kupang ada juga Kupang Goreng campur telur. Saat di Surabaya, wajib rasanya mencicipi Lontong Balap. Sajian lontong dengan campuran tauge, tahu dan lentho dengan kuah yang manis gurih.

Cita rasa dari negeri Belanda meninggalkan jejaknya di Surabaya dalam bentuk sajian Spekkoek atau Spiku. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kaya rempah. Gabungan teknik memasak Eropa dan rempah aromatik khas Indonesia membuat kue ini jadi kudapan favorit di Surabaya.

Spiku klasik berkembang sesuai tren lidah masa kini dengan muncul dalam berbagai varian rasa. Satu lagi kudapan manis yang wajib dicicipi saat di Surabaya adalah Ice Cream Zangrandi. Resep ice creamnya tetap sama sejak tahun 1930 lho. Klasik banget kan?

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
14:44
DINAS PPPA BALI: KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DEWASA DI BALI MENURUN TAHUN INI   GUBERNUR JABAR AKAN BENTUK BADAN KHUSUS UNTUK MENGURUS PERSOALAN DI KAWASAN BANDUNG UTARA (KBU) DAN SUNGAI CITARUM   MENTERI PPPA I GUSTI AYU BINTANG HARAP PEREMPUAN TERLIBAT DALAM PEMBANGUNAN BANGSA   MENTERI PUPR HARAP TOL KUNCIRAN-SERPONG TERSAMBUNG KE TOL BANDARA SOEKARNO-HATTA PADA MARET 2020   JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PELINDO III SEDIAKAN LAYANAN BUS GRATIS DI SEJUMLAH PELABUHAN   SAMBUT LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU, PERTAMINA TAMBAH PASOKAN AVTUR UNTUK BANDARA DI JAWA TENGAH DAN YOGYAKARTA   MENAG FACHRUL RAZI & MENHUB BUDI KARYA SUMADI IZINKAN JEMAAH HAJI DI JABAR BERANGKAT DARI BANDARA KERTAJATI PADA 2020   IKATAN MOTOR INDONESIA: SIRKUIT SKYLAND MUSI BANYUASIN AKAN RUTIN GELAR KEJUARAAN NASIONAL DAN INTERNASIONAL   BUPATI MUSI BANYUASIN, SUMSEL: SIRKUIT SKYLAND SUDAH PENUHI SYARAT SELENGGARAKAN KEJUARAAN BALAP INTERNASIONAL   DINAS PERUMAHAN RAKYAT, KAWASAN PERMUKIMAN, DAN PERTANAHAN: 60 DESA DI BEKASI DINYATAKAN KUMUH   MENDAG AGUS SUPARMANTO: UMKM ATAUPUN PENGUSAHA BESAR WAJIB MEMILIKI IZIN USAHA   AMANKAN NATAL DAN TAHUN BARU, POLDA JAWA BARAT KERAHKAN 18.330 PERSONEL   MENKOMINFO AKAN PELAJARI TEKNOLOGI PEMINDAIAN WAJAH UNTUK REGISTRASI KARTU SIM BISA DITERAPKAN DI INDONESIA   KOMISI B DPRD DKI JAKARTA YAKIN REVITALISASI TAMAN ISMAIL MARZUKI TETAP PROFESIONAL MESKI DANA DIPANGKAS