Kompas TV feature food story

Kuliner Arek Suroboyo - FOOD STORY (3)

Kamis, 8 November 2018 | 17:20 WIB

Pada episode kali ini Benoe akan menjelajah dan mencicipi kuliner di Kota Surabaya. Salah satu hidangan yang identik dengan Jawa Timur adalah Rawon. Benoe mau mencicipi Rawon Dengkul dan Rawon Iga khas Rawon Nguling. Benoe juga mau mencoba menikmati Rawon ala Banyuwangi yang dicampur dengan Pecel, yaitu Pecel Rawon.

Surabaya juga punya beragam hidangan berbahan Lontong. Bergeser ke Sidoarjo, ada sentra sajian Lontong Kupang. Kupang adalah sejenis kerang berukuran kecil, yang bisa ditemukan di lumpur air asin atau pinggir pantai. Selain Lontong Kupang ada juga Kupang Goreng campur telur. Saat di Surabaya, wajib rasanya mencicipi Lontong Balap. Sajian lontong dengan campuran tauge, tahu dan lentho dengan kuah yang manis gurih.

Cita rasa dari negeri Belanda meninggalkan jejaknya di Surabaya dalam bentuk sajian Spekkoek atau Spiku. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kaya rempah. Gabungan teknik memasak Eropa dan rempah aromatik khas Indonesia membuat kue ini jadi kudapan favorit di Surabaya.

Spiku klasik berkembang sesuai tren lidah masa kini dengan muncul dalam berbagai varian rasa. Satu lagi kudapan manis yang wajib dicicipi saat di Surabaya adalah Ice Cream Zangrandi. Resep ice creamnya tetap sama sejak tahun 1930 lho. Klasik banget kan?

Penulis : edika ipelona | Editor :





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:41
PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RS DARURAT LAPANGAN GUNA TANGANI LONJAKAN KASUS COVID-19 DI BANGKALAN   KLHK BENTUK SATUAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN, & PENGENDALIAN KAWAL UU CIPTA KERJA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP & KEHUTANAN   KEMENPERIN GENJOT DAYA SAING DAN EKSPOR INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) MAKANAN DAN MINUMAN   WALI KOTA MADIUN MAIDI SEBUT MENKES AKAN MENAMBAH JATAH VAKSIN BAGI KOTA MADIUN   GANDENG KPK, WALI KOTA SEMARANG HENDRAR PRIHADI TEGASKAN KOMITMEN CEGAH DAN BERANTAS KORUPSI   SATGAS BEKASI TINGKATKAN KAPASITAS PELAYANAN PEMERIKSAAN UNTUK MENDETEKSI COVID-19 JADI 5.000 TES PER HARI   KETUA PB IDI INGATKAN BAHAYA VIRUS KORONA VARIAN DELTA BAGI IBU HAMIL, IBU MENYUSUI, DAN ANAK-ANAK   KETUA PB IDI DAENG MUHAMMAD FAQIH: BEBAN NAKES MENINGKAT DRASTIS DI DAERAH DENGAN LONJAKAN KASUS COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA IBU KOTA HABISKAN AKHIR PEKAN DI RUMAH SAJA   KASUS COVID-19 MELONJAK, WALI KOTA DEPOK TINGKATKAN "WORK FROM HOME" DARI 50 MENJADI 70 PERSEN   JUBIR SATGAS COVID-19: BODETABEK DAN BANDUNG RAYA MULAI BISA VAKSINASI WARGA USIA 18 TAHUN KE ATAS   IDI: VIRUS KORONA VARIAN DELTA LEBIH BERBAHAYA, BANYAK MENYERANG ORANG BERUSIA MUDA   DINKES DKI: PASIEN COVID-19 YANG AKAN DIISOLASI DI RUSUN NAGRAK HARUS MELALUI RUJUKAN PUSKESMAS TERLEBIH DAHULU   DINKES DKI:RUSUN NAGRAK DISIAPKAN UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 YANG TERUS TERJADI DI DKI JAKARTA