HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV feature food story

Kuliner Arek Suroboyo - FOOD STORY (3)

Kamis, 8 November 2018 | 17:20 WIB

Pada episode kali ini Benoe akan menjelajah dan mencicipi kuliner di Kota Surabaya. Salah satu hidangan yang identik dengan Jawa Timur adalah Rawon. Benoe mau mencicipi Rawon Dengkul dan Rawon Iga khas Rawon Nguling. Benoe juga mau mencoba menikmati Rawon ala Banyuwangi yang dicampur dengan Pecel, yaitu Pecel Rawon.

Surabaya juga punya beragam hidangan berbahan Lontong. Bergeser ke Sidoarjo, ada sentra sajian Lontong Kupang. Kupang adalah sejenis kerang berukuran kecil, yang bisa ditemukan di lumpur air asin atau pinggir pantai. Selain Lontong Kupang ada juga Kupang Goreng campur telur. Saat di Surabaya, wajib rasanya mencicipi Lontong Balap. Sajian lontong dengan campuran tauge, tahu dan lentho dengan kuah yang manis gurih.

Cita rasa dari negeri Belanda meninggalkan jejaknya di Surabaya dalam bentuk sajian Spekkoek atau Spiku. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kaya rempah. Gabungan teknik memasak Eropa dan rempah aromatik khas Indonesia membuat kue ini jadi kudapan favorit di Surabaya.

Spiku klasik berkembang sesuai tren lidah masa kini dengan muncul dalam berbagai varian rasa. Satu lagi kudapan manis yang wajib dicicipi saat di Surabaya adalah Ice Cream Zangrandi. Resep ice creamnya tetap sama sejak tahun 1930 lho. Klasik banget kan?

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

KOMPAS DUNIA

Virus Corona Sudah Sampai Singapura

Jumat, 24 Januari 2020 | 01:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:40
POLISI PERPANJANG MASA PENAHANAN DUA TERSANGKA PENYERANG NOVEL BASWEDAN SELAMA 40 HARI   PRESIDEN JOKO WIDODO MINTA TERMINAL 4 BANDARA SOEKARNO-HATTA SEGERA DIBANGUN   KEMENDESA PDTT SAMBUT BAIK PROGRAM KAMPUS MERDEKA YANG AKAN DILUNCURKAN MENDIKBUD NADIEM MAKARIM   MENDAGRI TITO KARNAVIAN PETAKAN POTENSI KONFLIK PILKADA 2020 DI PAPUA   MENHAN PRABOWO SUBIANTO: PERTAHANAN ADALAH INVESTASI   GUBERNUR GANJAR PRANOWO TARGETKAN SEMUA DAERAH DI JATENG MILIKI MAL PELAYANAN PUBLIK TAHUN DEPAN   KONTRAKTOR TARGETKAN REVITALISASI MONAS SELESAI FEBRUARI 2020   HIMPUNAN INDUSTRI MABEL DAN KERAJINAN INDONESIA MINTA PEMERINTAH HAPUS SISTEM VERIFIKASI DAN LEGALITAS KAYU   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: GARUDA INDONESIA HARUS SELESAIKAN MASALAH MANAJERIAL   KPU AKAN MUAT ATURAN E-REKAP DI PKPU PILKADA MESKI DI UU BELUM ADA   BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN RIBUAN BENI LOBSTER SENILAI RP 2,5 MILIAR KE SINGAPURA   JELANG 100 HARI PEMERINTAHAN, WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT SITUASI POLITIK SEMAKIN KONDUSIF   WAKIL PRESIDEN MA’RUF AMIN HARAP PONDOK PESANTREN BISA JADI PUSAT PEREKONOMIAN SYARIAH   PEMPROV DKI: CAGAR BUDAYA MONAS HANYA DI TUGU, KAWASANNYA TAK TERMASUK