Kompas TV feature food story

Kuliner Arek Suroboyo - FOOD STORY (2)

Kamis, 8 November 2018 | 17:10 WIB

Pada episode kali ini Benoe akan menjelajah dan mencicipi kuliner di Kota Surabaya. Salah satu hidangan yang identik dengan Jawa Timur adalah Rawon. Benoe mau mencicipi Rawon Dengkul dan Rawon Iga khas Rawon Nguling. Benoe juga mau mencoba menikmati Rawon ala Banyuwangi yang dicampur dengan Pecel, yaitu Pecel Rawon.

Surabaya juga punya beragam hidangan berbahan Lontong. Bergeser ke Sidoarjo, ada sentra sajian Lontong Kupang. Kupang adalah sejenis kerang berukuran kecil, yang bisa ditemukan di lumpur air asin atau pinggir pantai. Selain Lontong Kupang ada juga Kupang Goreng campur telur. Saat di Surabaya, wajib rasanya mencicipi Lontong Balap. Sajian lontong dengan campuran tauge, tahu dan lentho dengan kuah yang manis gurih.

Cita rasa dari negeri Belanda meninggalkan jejaknya di Surabaya dalam bentuk sajian Spekkoek atau Spiku. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kaya rempah. Gabungan teknik memasak Eropa dan rempah aromatik khas Indonesia membuat kue ini jadi kudapan favorit di Surabaya.

Spiku klasik berkembang sesuai tren lidah masa kini dengan muncul dalam berbagai varian rasa. Satu lagi kudapan manis yang wajib dicicipi saat di Surabaya adalah Ice Cream Zangrandi. Resep ice creamnya tetap sama sejak tahun 1930 lho. Klasik banget kan?

Penulis : | Editor : edika ipelona




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:17
SEBANYAK 11 PRAJURIT TNI KODIM 1603 SIKKA, NTT, TERKONFIRMASI POSITIF KORONA SETELAH PULANG PENDIDIKAN DARI BALI   BAPPENDA NTB: DALAM SEPEKAN, TERKUMPUL RP 42,16 JUTA DARI DENDA WARGA DAN ASN YANG TAK MENGGUNAKAN MASKER   PEMKAB SLEMAN, YOGYAKARTA, SIAPKAN RUSUNAWA GEMAWANG UNTUK ISOLASI PASIEN KORONA ASIMTOMATIK    SRI SULTAN HB X MINTA KABUPATEN/KOTA DI DIY TERAPKAN SANKSI SECARA KONSISTEN BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   BUPATI BERAU, KALTIM, H MUHARRAM, MENINGGAL DUNIA SETELAH 13 HARI DIRAWAT KARENA POSITIF KORONA   DINKES SEBUT KASUS COVID-19 DI KARAWANG, JAWA BARAT, DIDOMINASI OLEH KLASTER INDUSTRI   WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH: TEMPAT TIDUR RS RUJUKAN KORONA DI KOTA TANGERANG SUDAH TERISI LEBIH DARI 73%   PEMPROV BANTEN BERENCANA SIAPKAN 5 HEKTAR LAHAN MAKAM KHUSUS BAGI PASIEN KORONA YANG MENINGGAL   POLRI: 8 HARI OPERASI YUSTISI, DENDA YANG TERKUMPUL DARI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN MENCAPAI RP 924,17 JUTA   SATGAS COVID-19 MINTA SETIAP PERUSAHAAN RUTIN TES USAP KE KARYAWAN GUNA TEKAN ANGKA PENULARAN KLASTER PERKANTORAN   PP MUHAMMADIYAH MINTA ELITE PARPOL TAK MANFAATKAN PANDEMI KORONA SEBAGAI KOMODITAS POLITIK KEKUASAAN   BAWASLU: 50 KABUPATEN/KOTA PENYELENGGARA PILKADA MASUK KATEGORI RAWAN TINGGI DALAM ASPEK PANDEMI KORONA    BAWASLU MINTA SEMUA PIHAK BERKOMITMEN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN PADA SETIAP TAHAPAN PILKADA 2020   BAWASLU MINTA PIMPINAN PARPOL IKUT CEGAH KERUMUNAN MASSA PADA RANGKAIAN PILKADA 2020