Kompas TV nasional update

Bantah Korban Gempa Tolak Bantuan, Kapolres Cianjur: Warga Sangat Butuh Bantuan

Rabu, 30 November 2022 | 10:42 WIB
bantah-korban-gempa-tolak-bantuan-kapolres-cianjur-warga-sangat-butuh-bantuan
Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermanto membantah isu korban gempa Cianjur menolak bantuan yang diberikan kepada mereka. Menurut Doni, masyarakat Cianjur sangat membutuhkan bantuan. (Sumber: BNPB)

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermanto membantah isu korban gempa Cianjur menolak bantuan yang diberikan kepada mereka. Menurut Doni, masyarakat Cianjur sangat membutuhkan bantuan.

Yang terjadi di lapangan, kata Doni, adalah pengumpulan kembali bantuan yang berlebih untuk didistribusikan ke lokasi lainnya. Bukan masyarakat menolak bantuan.

"Informasi adanya penolakan bantuan dari warga Cianjur itu dipastikan tidak benar karena masyarakat Cianjur sangat-sangat membutuhkan, bantuan ini sangat diharapkan oleh masyarakat," kata Doni dalam konferensi pers,  Selasa (29/11/2022).

Ia mengakui, penyaluran bantuan korban gempa Cianjur memang tidak merata. Lantaran lokasi bencana ada yang mendapat bantuan berlebih dan ada juga yang kekurangan bantuan.

Baca Juga: Cerita Relawan Tak Bisa Optimal Salurkan Air Bersih Karena Macet di Lokasi Gempa Cianjur

"Bantuan oleh masyarakat itu jumlahnya memang cukup banyak di beberapa titik sehingga adanya tempat-tempat untuk dikumpulin kembali agar bisa didistribusikan ke lokasi-lokasi yang lain," ujar Doni.

Oleh karena itu, Doni mengimbau kepada lembaga, komunitas atau individu yang ingin memberikan bantuan agar dilakukan secara terpusat. Bisa ke posko TNI-Polri maupun pemerintah daerah.

Posko terpusat seperti itu memiliki data dan sistem penyaluran bantuan yang lebih baik, serta selalu terupdate. Sehingga bantuan dapat disalurkan tepat sasaran kepada masayrakat sesuai dengan kebutuhan.

"Apabila dilakukan secara tersendiri, masing-masing mendatangi titik-titik lokasi, yang terjadi adalah ketidakmerataan bantuan-bantuan logistik," ucapnya.

Baca Juga: Viral Bantuan Pangan Korban Gempa Cianjur Mayoritas Mi Instan, Ini Tanggapan BNPB



Sumber : Kompas.com, Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Mengolah Jahe Dengan Benar

Rabu, 30 November 2022 | 10:31 WIB
Close Ads x