Kompas TV olahraga sapa qatar

Hasil Ekuador vs Senegal: Kalidou Koulibali Bawa Lions of Teranga ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Rabu, 30 November 2022 | 01:05 WIB
hasil-ekuador-vs-senegal-kalidou-koulibali-bawa-lions-of-teranga-ke-16-besar-piala-dunia-2022
Kalidou Koulibaly (paling kanan) melakukan selebrasi golnya ke gawang Ekuador dalam laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Selasa (29/11/2022). (Sumber: Twitter FIFA World Cup)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

DOHA, KOMPAS.TV - Hasil Ekuador vs Senegal dalam pertandingan pamungkas Grup A Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Selasa (29/11/2022) berkesudahan dengan skor 1-2. 

Dua gol kemenangan Senegal dicetak oleh Ismaila Sarr lewat penalti menit 44 dan Kalidou Koulibaly menit ke-70. 

Sementara itu, Ekuador sempat menyamakan skor via gol gelandang Brighton, Moises Caicedo. 

Kemenangan ini mengantarkan Senegal ke babak 16 besar sebagai runner up Grup A, menemani pemuncak Belanda. Di fase gugur nanti, Senegal akan menantang juara Grup B. 

Baca Juga: Sejarah Singkat Perselisihan Iran vs Amerika Serikat: Berpangkal dari Kudeta CIA dan Revolusi Islam

Jalannya Pertandingan

Turun dengan kekuatan penuhnya, Senegal langsung menggempur pertahanan Ekuador sejak menit awal. 

Baru tiga menit laga berjalan, Ismail Jakobs dengan jeli memberi umpan terobosan kepada Idrissa Gueye. Sayangnya, meski berdiri bebas tanpa pengawalan di dalam kotak penalti Ekuador, tendangan Gueye masih melebar dari sasaran. 

Berselang enam menit, Lions of Teranga kembali mengancam gawang Ekuador yang dijaga Hernan Galindez. 

Kali ini, Boulaye Dia mendapatkan peluang serupa Gueye. Meski sudah mendapatkan ruang menembak dari dalam kotak penalti, bola sepakannya masih melenceng. 

Petaka bagi Ekuador datang pada menit 42. Ismaila Sarr dijatuhkan Piero Hincapie di dalam kotak penalti. Wasit tanpa basa-basi langsung menunjuk titik putih. 

Maju sebagai eksekutor, Sarr dengan tenang mengelabui Galindez dan membuat Senegal unggul 1-0. Keunggulan Senegal bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga: Prediksi Wales vs Inggris Piala Dunia 2022: Head to Head dan Prakiraan Susunan Pemain

Pada paruh kedua laga, Ekuador mencoba lebih aktif menguasai bola dan melakukan penyerangan. 

Peluang akhirnya datang pada menit 58, ketika Estupinan mengirimkan umpan silang jitu ke arah kotak penalti. Sayang, tandukan Michael Estrada belum menemui gawang. 

Upaya keras Ekuador untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah pada menit ke-67. 

Lewat situasi sepak pojok, Gonzalo Plata mengirim bola lambung yang diteruskan sundulan flick oleh Felix Torres. Di tengah kerumunan di kotak penalti Senegal, Caicedo berhasil menyambar bola menjadi gol. Skor berubah menjadi 1-1. 

Kendati demikian, Senegal langsung merespons dengan cepat. Tiga menit setelah kebobolan, anak asuh Aliou Cisse sukses mengembalikan keunggulannya. 

Baca Juga: Iran vs Amerika Serikat, Duel Sepak Bola yang Penuh dengan Ketegangan Politik

Bermula dari situasi tendangan bebas yang diambil Gueye. Bola membentur dada dari Felix Torres. Bola pantulan mengarah tepat di depan Kalidou Koulibaly. 

Tanpa penjagaan yang berarti, Koulibaly melepaskan sepakan keras yang tak bisa dibendung Galindez. Senegal kembali memimpin 2-1. 

Walau kedua kesebelasan sempat menciptakan sejumlah peluang berbahaya pada sisa waktu yang ada, gol tambahan tidak tercipta. Skor 2-1 untuk kemenangan Senegal tetap bertahan.

Susunan Pemain

Ekuador (4-3-3): Hernan Galindez; Angelo Preciado, Felix Torres, Piero Hincapie, Pervis Estupinan; Alan Franco, Carlos Gruezo, Moises Caicedo; Gonzalo Plata, Michael Estrada, Enner Valencia.

Senegal (4-2-3-1): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Ismail Jakobs, Abdou Diallo; Pathe Ciss, Pape Gueye; Iliman Ndiaye, Idrissa Gueye, Ismaila Sarr; Boulaye Dia.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x