Kompas TV olahraga sapa qatar

Masjid Katara Doha yang Jadi Daya Tarik Penggemar Piala Dunia

Kompas.tv - 30 November 2022, 00:05 WIB
masjid-katara-doha-yang-jadi-daya-tarik-penggemar-piala-dunia
Masjid Katara Doha yang menjadi daya tarik penggemar selama Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar. (Sumber: Qatar Tourism)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masjid Katara Doha menjadi tempat yang mempunyai daya tarik tersendiri untuk satu juta lebih penggemar sepak bola yang datang ke Qatar selama Piala Dunia 2022.

Nama asli tempat ibadah umat muslim itu, Masjid Agung Katara Biru adalah salah satu dari banyak atraksi di Desa Budaya Katara, Doha.

Dilansir dari surat kabar The Peninsula Qatar, masjid tersebut telah dikunjungi ribuan pengunjung setiap hari untuk mengantre ratusan kegiatan seni, budaya, dan hiburan selama Piala Dunia 2022.

“Tujuan mempersiapkan tempat ini di dekat masjid adalah untuk memperkenalkan budaya pakaian, makanan dan minuman, kebiasaan dan tradisi Qatar kepada orang asing, dan sebagian besar pertanyaan mereka adalah tentang hubungan sosial keluarga Qatar dan tradisi pernikahan,” kata salah seorang relawan, Umm Ahmed. 

“Pertanyaan sosial mereka kebanyakan tentang kehidupan seorang muslim berdasarkan nilai-nilai Islam," lanjutnya. 

"Banyak pengunjung mengakui bahwa pandangan mereka tentang Islam dan muslim dinodai oleh banyak prasangka yang tidak dapat dibenarkan, tetapi berada di Qatar telah membantu mengubah pandangan mereka 180 derajat," tutur Umm Ahmed. 

Umm Ahmed dan sukarelawan lainnya ditempatkan di Masjid Katara sebagai upaya Qatar untuk menjembatani budaya dan menyebarkan pemahaman yang lebih baik.

Baca Juga: Mengejutkan, Qatar Ungkap Kematian Pekerja untuk Piala Dunia Antara 400 dan 500 Orang

Mereka beroperasi di lounge yang terletak di dekat masjid yang memiliki tanda bertuliskan “Tanya saya tentang wanita di Qatar.”

Di lounge, pengunjung wanita asing dapat duduk dan minum teh dan kopi, serta belajar tentang kehidupan sosial di Qatar dengan sejumlah sukarelawan menjawab pertanyaan mereka.

Karyawan dan mubaligh dari Qatar Guest Center juga hadir di pintu masuk masjid untuk memperkenalkan Islam kepada Yayasan Amal Idul Fitri.

Mereka menerima nonmuslim dan menjawab pertanyaan dan keingintahuan pengunjung tentang masjid. 

Mereka juga mengatur masuknya mereka ke masjid setelah salat agar orang-orang mengenal suasana di dalam masjid.

Qatar memang meluncurkan sejumlah program dan inisiatif untuk memperkenalkan Islam kepada pengunjung.

Salah satunya adalah menambahkan kode QR kamar tamu hotel untuk mengakses informasi dalam memperkenalkan Islam dan budaya Qatar kepada pengunjung dalam semua bahasa.

Tak lupa, Qatar juga menempatkan beberapa mural di seluruh negeri yang berisi hadits Nabi Muhammad SAW juga untuk lebih mengenalkan Islam.  

Baca Juga: Dekorasi Bernuansa Piala Dunia Qatar Hiasi Hotel Di Makassar


 



Sumber : The Peninsula Qatar

BERITA LAINNYA



Close Ads x