Kompas TV olahraga sapa qatar

Adidas Pastikan Gol Pertama Portugal Lawan Uruguay Milik Bruno Fernandes, Bukan Cristiano Ronaldo

Selasa, 29 November 2022 | 19:43 WIB
adidas-pastikan-gol-pertama-portugal-lawan-uruguay-milik-bruno-fernandes-bukan-cristiano-ronaldo
Adidas memastikan gol pertama Portugal saat melawan Uruguay menjadi milik Bruno Fernandes setelah Cristiano Ronaldo sama sekali tidak melakukan kontak dengan bola. (Sumber: AP Photo/Darko Vojinovic)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Adidas memastikan bahwa gol pertama Portugal di laga melawan Uruguay merupakan gol dari Bruno Fernandes, meski Cristiano Ronaldo mengeklaim bola menyentuh kepalanya sebelum masuk ke dalam gawang. 

Ronaldo juga mengatakan hal tersebut kepada Piers Morgan melalui sebuah pesan teks yang mengungkapkan bahwa ia melakukan sedikit sentuhan kepada bola dari umpan silang Bruno Fernandes itu. 

Akan tetapi, data resmi FIFA menganugerahkan gol tersebut kepada Bruno Fernandes meski Ronaldo juga mengeklaim gol tersebut. 

Sekarang, Adidas, memberikan bukti yang jelas bahwa CR7 memang tak menyentuh bola dan gol sah menjadi milik mantan rekan setimnya itu. 

"Dalam pertandingan antara Portugal dan Uruguay, menggunakan Connected Ball Technology yang ditempatkan di Bola Pertandingan Resmi Al Rihla milik adidas, kami dapat secara definitif menunjukkan tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam pertandingan," bunyi pernyataan Adidas dilansir dari Daily Mail, Selasa (29/11/2022). 

"Tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya 'detak jantung' dalam pengukuran kami dan dalam grafik terlampir."

Data dari Connected Ball Technology yang tertanam di bola resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla, menunjukkan tidak ada kontak dengan Cristiano Ronaldo. (Sumber: Adidas via Daily Mail)

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Tekuk Uruguay, Portugal Susul Prancis dan Brasil ke 16 Besar

"Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat dalam analisis kami," tegas Adidas. 

Sensor gerak yang sangat sensitif memang ditanamkam dalam bola pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar untuk membantu VAR saat mengambil keputusan offside. 

Teknologi ini memungkinkan data dikumpulkan untuk setiap sentuhan dengan kecepatan 500 kali per detik. Sensor ini ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang. 

Sebelumnya, teknologi ini sudah diuji secara ketat di tingkat akar rumput untuk memastikannya siap untuk Piala Dunia, termasuk tes di ajang Piala Arab dan Piala Dunia Klub. 

"Teknologi ini adalah puncak dari penelitian dan pengujian khusus selama tiga tahun oleh FIFA dan mitra kami adidas," kata Johannes Holzmüller yang menjabat Direktur Teknologi & Inovasi Sepak Bola di FIFA. 

Baca Juga: Usai Taklukan Uruguay 2-0, Portugal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia

Dalam pertandingan Portugal melawan Uruguay, Ronaldo melakukan selebrasi untuk merayakan gol pertama yang dicetak negaranya. 

Akan tetapi dalam tayangan ulang, ternyata bola dari umpan Bruno Fernandes itu tidak menyentuh kepala kapten Portugal itu. Alhasil gol diberikan kepada sang gelandang serang. 

Bruno Fernandes sendiri tak terlalu mempermasalahkan siapa yang mencetak gol saat melawan Uruguay itu. Dia menegaskan bahwa lebih penting adalah kemenangan yang diraih Portugal. 

"Saya tidak berpikir itu benar-benar penting siapa yang mencetak gol pada saat ini. Perasaan yang saya rasakan saat itu adalah Cristiano menyentuh bola. Saya mengoper bola kepadanya," kata Fernandes seusai pertandingan. 

"Tapi yang terpenting adalah kami menang malam ini melawan lawan yang sangat tangguh."

“Sangat penting kami menjadi yang pertama di grup termasuk kami memenangkan pertandingan berikutnya, yang akan memungkinkan kami keluar dari grup tanpa terkalahkan. Itulah yang kami inginkan," pungkas gelandang Manchester United itu.  

Baca Juga: Marcus Rashford Doakan Cristiano Ronaldo Sukses: Dia Salah Satu Idola Saya


Sumber : Daily Mail

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x