Kompas TV internasional kompas dunia

Mengejutkan, Qatar Ungkap Kematian Pekerja untuk Piala Dunia Antara 400 dan 500 Orang

Kompas.tv - 29 November 2022, 19:00 WIB
mengejutkan-qatar-ungkap-kematian-pekerja-untuk-piala-dunia-antara-400-dan-500-orang
Pejabat tinggi Qatar yang terlibat dalam persiapan dan penyelenggaraan Piala Dunia hari Selasa, (29/11/2022) menyebutkan jumlah kematian pekerja untuk kejuaraan dunia itu antara 400 dan 500 orang. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

DOHA, KOMPAS.TV — Pejabat tinggi Qatar yang terlibat dalam persiapan dan penyelenggaraan Piala Dunia hari Selasa (29/11/2022) menyebutkan jumlah kematian pekerja untuk kejuaraan dunia itu "antara 400 dan 500" orang.

Angka ini muncul untuk pertama kalinya, dengan jumlah yang jauh lebih tinggi daripada yang sebelumnya diungkapkan oleh Doha.

Hal itu diungkapkan Hassan al-Thawadi, sekretaris jenderal Komite Tertinggi Perwujudan dan Warisan Qatar, muncul begitu saja selama wawancara dengan jurnalis Inggris Piers Morgan.

Itu juga mengancam akan menghidupkan kembali kritik dari kelompok-kelompok hak asasi manusia atas kerugian menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama di Timur Tengah bagi para pekerja migran yang membangun stadion, jalur metro, dan infrastruktur baru senilai lebih dari $200 miliar yang diperlukan untuk kejuaraan tersebut.

Komite Tertinggi dan pemerintah Qatar belum.menanggapi permintaan komentar Selasa (29/11/2022).

Dalam wawancara, yang sebagian diposting Morgan secara online, jurnalis Inggris itu bertanya kepada al-Thawadi, "Menurut Anda, berapa total yang jujur dan realistis tentang pekerja migran yang meninggal - sebagai akibat dari pekerjaan yang mereka lakukan untuk Piala Dunia? secara total?"

"Perkiraannya sekitar 400, antara 400 dan 500," jawab al-Thawadi. "Saya tidak punya angka pastinya. Itu sesuatu yang sudah didiskusikan."

Baca Juga: Merasa Kecewakan Ibu yang Datang Jauh-Jauh dari Prancis ke Qatar, Pelatih Arab Saudi: Maafkan Aku

Pejabat tinggi Qatar yang terlibat dalam persiapan dan penyelenggaraan Piala Dunia hari Selasa, (29/11/2022) menyebutkan jumlah kematian pekerja untuk kejuaraan dunia itu antara 400 dan 500 orang. (Sumber: AP Photo)

Namun angka itu belum pernah didiskusikan secara terbuka sebelumnya.

Laporan dari Komite Tertinggi sejak 2014 hingga akhir 2021 hanya mencakup jumlah kematian pekerja yang terlibat dalam pembangunan dan perbaikan stadion yang sekarang menjadi tuan rumah Piala Dunia.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x