Kompas TV regional peristiwa

Kapolres Cianjur soal Penolakan dan Distribusi Bantuan untuk Korban Gempa

Kompas.tv - 29 November 2022, 22:40 WIB
kapolres-cianjur-soal-penolakan-dan-distribusi-bantuan-untuk-korban-gempa
Potongan video viral di media sosial saat sejumlah warga mengadang mobil relawan yang ingin mengirimkan bantuan korban gempa Cianjur yang berada di Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Cianjur. (Sumber: Twitter @Kangjaill/TribunJabar)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

CIANJUR, KOMPAS.TV - Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan meluruskan adanya informasi terkait penolakan dan distribusi bantuan untuk korban gempa oleh warga Cianjur.

"Adanya penolakan bantuan dari beberapa warga terdampak, perlu diluruskan bahwa ada lokasi yang tidak terdistribusi secara merata," kata Doni via konferensi pers, Selasa (29/11/2022) petang.

Dia mengimbau pada masyarakat agar tidak terjadi gangguan-gangguan berupa pengadangan, pemerasan, dan sebagainya yang dapat mengganggu aktivitas distribusi bantuan.

Doni mengakui bahwa ada ketidakmerataan suplai bantuan di beberapa lokasi.

"Ada juga barang-barang, yang sebetulnya itu sudah diberikan, seperti pakaian, itu jumlahnya memang cukup banyak di beberapa titik," kata dia.

Menyikapi hal itu, bantuan yang tak tepat kemudian dikumpulkan lagi untuk disalurkan ke lain lokasi.

Baca Juga: Cerita Relawan Tak Bisa Optimal Salurkan Air Bersih Karena Macet di Lokasi Gempa Cianjur

Kemudian, adanya informasi bahwa warga Cianjur menolak bantuan, Doni menilai itu tidak tepat, sekaligus menegaskan bahwa masyarakat CIanjur sangat-sangat membutuhkan bantuan.

Oleh sebab itu, masyarakat mampu diminta membantu dan menyalurkan bantuan secara terpusat.

"Karena jika disalurkan sendiri, dampaknya adalah ketidakmerataan stok logistik di pengungsian, selain juga menimbulkan kemacetan," ungkap Doni.

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur per Selasa (29/11) mencapai 327 jiwa, bertambah empat jiwa dari laporan sehari sebelumnya.

Baca Juga: Relokasi Rumah Korban Gempa Cianjur, Pemda Sediakan 3 Lokasi, Berikut Detailnya


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.