Kompas TV nasional politik

Zulhas: ICMI Harus Mampu Menjadi Mitra Pemerintah untuk Pembangunan SDM

Kompas.tv - 29 November 2022, 15:48 WIB
zulhas-icmi-harus-mampu-menjadi-mitra-pemerintah-untuk-pembangunan-sdm
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pasca menutup rapat kerja nasional PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). (Sumber: KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meminta kepada seluruh anggota Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia atau ICMI agar menjadi mitra pemerintah untuk berperan serta dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan global. 

Baca Juga: Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie Sebut Demo Berjilid-jilid Banyak Mudharatnya

Hal itu ia sampaikan dalam pidatonya di kegiatan National Leadership Camp ICMI Angkatan I di Gedung DPR, Jakarta, Selasa,(29/11/2022).

"ICMI juga harus mampu menjadi jembatan dan mitra untuk mendorong pembangunan SDM yang bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk terwujudnya Indonesia sebagai negara maju 2045,” kata pria yang karib disapa Zulhas itu. 

Menurut dia, Indonesia sebagai salah satu negara besar dan penting di kawasan Asia harus mengambil peran agar dapat mengambil manfaat dari pertumbuhan kemajuan Asia.

“Pembangunan SDM yang memiliki wawasan luas serta berorientasi pada masa depan diperlukan untuk melengkapi kapabilitas pemimpin yang berpegang pada nilai-nilai luhur budaya bangsa,” ujarnya.

Zulkifli yang juga Menteri Perdagangan, mengatakan, di tengah arus globalisasi pembangunan SDM juga tidak boleh melupakan jati diri dan budaya bangsa Indonesia.

“Hal inilah yang juga harus menjadi bagian dari strategi dan taktik pengembangan ICMI hari ini dan di masa mendatang,” katanya. 

Selain itu, ia meyakini ICMI akan melahirkan cendekiawan yang menjadi cahaya penerang bagi bangsa dan negara.

Baca Juga: Zulhas: Persahabatan Presiden Jokowi dan MBZ Berkah Bagi Umat

“Cahaya yang selalu menjadi berkah dan penerang menuju jalan kehidupan yang baik’ itulah tugas ICMI,” kata Zulhas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x