Kompas TV regional berita daerah

Swirmo Dorong Militer Dunia Patuh Pada Hukum Humaniter Internasional

Kompas.tv - 29 November 2022, 15:26 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Senior Workshop On Internasional Rules Governing Military Operation  atau SWIRMO ke 15 yang telah digelar di Bali selama sepekan ini, resmi  ditutup oleh Kasdam IX  Udayana, Brigjen TNI Sachono.

Lokakarya yang digelar Komite Internasional Palang Merah atau ICRC dengan para perwira militer dari berbagai negara ini, lebih mendorong kepada hubungan baik angkatan bersenjata seluruh dunia untuk mengurangi dampak kemanusiaan dalam situasi konflik.

Konflik bersenjata sering memberikan dampak pada sisi kemanusiaan masyarakat sipil dan fasilitas umum. Oleh karena itu, pemahaman hukum humaniter internasional perlu  diterapkan dalam bentuk perencanaan operasi militer dunia.

Dalam lokakarya SWIRMO ke 15 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, ini tidak ada kesepakatan khusus yang dihasilkan namun lebih memberi ruang kepada para tentara seluruh dunia untuk patuh terhadap hukum humaniter internasional.

SWIRMO yang pertama kali diselengarakan di Indonesia ini mendapat dukungan penuh dari Tentara Nasional Indonesia dan juga Palang Merah Indonesia. Setelah digelar di Indonesia,  SWIRMO selanjutnya akan diselenggarakan di Nairobi, Kenya, Afrika.

 

 

 

 

 

 

 

#swirmo   #icrc   #tni  


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.