Kompas TV nasional peristiwa

Pipa Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Garut Bocor, Diduga karena Tanah Labil

Kompas.tv - 29 November 2022, 15:14 WIB
pipa-pembangkit-listrik-tenaga-mikrohidro-di-garut-bocor-diduga-karena-tanah-labil
Polisi mengecek kebocoran pipa PLTMH Cirompang yang terjadi di Kampung Rancateureup, Desa/Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Sumber: Antara)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Purwanto

GARUT, KOMPAS.TV -  Terjadi kebocoran pipa Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Cirompang di Garut, Jawa Barat pada Selasa (29/11/2022).

Hasil penyelidikan sementara, kebocoran itu diduga akibat adanya pergeseran tanah akibat kondisi tanah yang labil. Hal itu diungkapkan Kepala Polsek Bungbulang Iptu Usep.

"Hasil penyelidikan dan bahan keterangan yang dihimpun bahwa kejadian tersebut, pipa tersebut berada di atas tanah yang labil, kemudian ada pergeseran tanah, sehingga pipa tertekan yang mengakibatkan pipa bocor," kata Usep, dikutip Antara.

"Alhamdulillah masyarakat aman," imbuh dia.

Kendati demikian, kebocoran pipa yang menyebabkan semburan air itu telah merusak Power House PLTMH.

"Perlengkapan Power House PLTMH Cirompang rusak berat, seluruh kerugian belum terdeteksi, diperkirakan Rp2 miliar," kata Usep.

Merespons insiden ini, petugas PLTMH telah memperbaiki kerusakan, tetapi operasional pembangkit listrik tersebut sementara diberhentikan.

Beroperasi pertama kali sekitar enam tahun lalu, PLTMH Cirompang mampu memproduksi listrik rerata 63.72 juta kWh per tahun.

Listrik itu kemudian dijual seharga Rp850/kWh oleh PT Tirta Gemah Ripah, salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.