Kompas TV regional peristiwa

Anggota Polisi Ngamuk Todongkan Pistol ke Perut Santri di Gowa, Motifnya Salah Paham Lemparan Batu

Kompas.tv - 29 November 2022, 18:35 WIB
anggota-polisi-ngamuk-todongkan-pistol-ke-perut-santri-di-gowa-motifnya-salah-paham-lemparan-batu
Polisi di Gowa ngamuk ke pesantren dan menodongkan pistol ke santri, berujung ditahan. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang anggota polisi dengan inisial Bripka AH mengamuk di Pondok Pesantren (Ponpes) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Polisi itu sempat menodongkan pistol ke arah santri, ke perut mereka.  

Bripka AH akhirnya dilaporkan oleh pimpinan pesantren, Imam Az-Zuhri yang mengungkapkan, sebanyak empat santrinya ditodong senjata. 

Adapun polisi tersebut adalah anggota Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar. Anggota polisi itu ditahan pihak Propam Polda Sulses. 

"Satu orang ditodong pistol di arah perut. Ada tiga santri yang ditarik kerah bajunya. Kasus ini pun sudah dilaporkan dan sudah diambil keterangannya di Mapolres Gowa," ungkap Zuhri, Selasa (29/11/2022). 

Kronologi Kejadian 

Kronologi kejadian anggota polisi mengamuk di pesantren itu terjadi pada Rabu (23/11/2022) malam sekitar pukul 21.05 WITA.

Briptu AH datang ke ponpes tersebut sambil menggedor pintu. Ia juga berteriak-teriak dan meminta ada yang mengaku. Ia mengira, ada santri yang melempar batu ke rumahnya. 

Dalam tayangan video Kompas TV terlihat, Briptu AH memakai baju berlengan pendek. Ia juga tampak memperlihatkan senjata pistol yang dibawanya. 

Sementara, ada empat santri yang berusia belasan tahun tampak terdiam saja dan dituding-tuding oleh polisi tersebut. 

Tangan kiri polisi tersebut mencengkeram leher baju dari salah seorang santri, dan polisi mengarahkan pistolnya ke arah sebaliknya. 

Kuasa hukum orang tua santri, Lisar Wira Ilhami, menyebutkan, polisi tersebut salah sangka. 

“Berawal dari salah duga ya, oknum tersebut dia mengira salah satu santri ponpes melempar batu ke rumah oknum tersebut. Akhirnya, oknum kepolisian itu datang sambil mengamuk membawa senjata ke ponpes,” tutur kuasa hukum orang tua santri, Lisar Wira Ilhami, Senin (28/11/2022). 

"Di situ ada banyak santri yang melihat, tapi empat santri itu yang berhadapan langsung dengan oknum polisi itu," sambungnya. 



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x