Kompas TV nasional ni luh

Kasus Tambang Ilegal, Sambo VS Kabareskrim - NI LUH

Kompas.tv - 29 November 2022, 19:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Ada “perang bintang” di tubuh Polri! Isu ini belakangan ramai diperbincangkan. Adalah Menko Polhukam, Mahfud Md, yang pertama kali melontarkan istilah “perang bintang”, setelah muncul pernyataan mantan anggota polisi Polresta Samarinda berpangkat rendah, Ismail Bolong. Ismail mengaku, ia telah menggelontorkan 6 miliar rupiah ke Kabareskrim, Komjen Pol Agus Andrianto, demi memperlancar usaha tambang illegal di Kalimantan Timur.  

Meski pernyataan ini kemudian diralat oleh yang bersangkutan, namun sudah jadi rahasia umum, ada praktek beking tambang illegal oleh oknum aparat pemegang hukum. Hal ini dikatakan sendiri oleh Komjen Purn Ito Sumardi, Kabareskrim 2009-2011 dan testimoni Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kalimantan Timur kepada jurnalis Kompas TV, Ni Luh Puspa.

Menurut Mareta sari, Dinamisator JATAM, polisi terkesan tutup mata terhadap praktik kotor ini. Indikasinya, dari 11 laporan hanya 3 yang diproses. Isu makin menarik, tatkala tiba-tiba muncul surat laporan penyelidikan dugaan suap tambang ilegal ke Kabareskrim, yang ditandatangani Ferdy Sambo, Kadiv Propam waktu itu. Seperti diketahui, Kabareskrim lah yang memimpin penyelidikan perkara pembunuhan Brigadir Yosua. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.